Waspada Dampak Serius Perokok Pasif Bagi Ibu Hamil

Waspada Dampak Serius Perokok Pasif Bagi Ibu Hamil

Waspada Dampak Serius Perokok Pasif Bagi Ibu Hamil

DOKTERANAK.NET – Merokok bagi ibu hamil tidak diperbolehkan. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari asap rokok. Karena perokok pasif lebih cenderung ‘teracuni’ dibanding perokok aktif.

Saat hamil, tubuh sangat rentan terhadap beberapa hal. Bahkan efeknya bisa sampai di janin. Maka dari itu, Anda harus waspada dalam beberapa hal seperti berikut ini:

Cacat Fisik

Efek dari perokok pasif adalah memungkinkan si bayi akan lahir dengan cacat fisik. Hal ini disebabkan paparan yang terlalu sering terhadap zat berbahaya.

Kematian Janin

Ibu hamil yang selalu terkena asap rokok, kemungkinan besar janinnya lahir dan mati sebesar 23 %. Zat-zat berbahaya dari rokok masuk ke dalam tubuh hingga mempenggaruhi si janin.

Berat Badan Lahir Rendah

Setelah lahir, berat badan si bayi sangat rendah. Hal ini disebabkan hipoksia janin dan vasokonstriksi yang menghambat aliran darah ke plasenta.

Masalah Pernapasan

Asap rokok dapat mengganggu pernapasan si janin dalam kandungan. Bahkan, setelah lahir pun si bayi akan mengalami kesulitan bernafas dan cenderung terkena asma di masa depan.

Waspada Dampak Serius Perokok Pasif Bagi Ibu Hamil | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5