Vitamin Dan Mineral Untuk Anak

Mengapa vitamin dan mineral diperlukan bagi tumbuh kembang si kecil? Lalu, darimana sumber vitamin dan mineral diperoleh?

Vitamin dan mineral diprlukan oleh sel-sel tubuh untuk proses metabolisme. Karena vitamin tidak dapat dibentuk oleh tubuh, maka harus diperoleh dari luar, yaitu lewat makanan dengan gizi seimbang sesuai kelompok umurnya. Khusus bagi anak yang menderita sakit tertentu, kurang gizi, atau baru sembuh dari sakit, maka suplementasi vitamin bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang kurang.

Pada masa balita semua vitamin sama pentingnya. Tetapi karena kejadian defisiensi (kekurangan) vitamin A dan zat besi masih banyak pada masa balita, maka kebutuhan vitamin dan mineral ini menjadi cukup penting. Kita semua tahu bahwa vitamin A karena berfungsi untuk membantu sistem imunitas/kekebalan tubuh, membantu fungsi penglihatan, proses penyembuhan dan regenerasi sel-sel. Sedangkan mineral yang diutamakan pada masa balita yaitu zat besi yang berfungsi mendukung sistem kekebalan tubuh dan kecerdasan.

Pada prinsipnya sumber yang berasal dari bahan-bahan alami itu lebih baik. Namun efektivitas sumber vitamin dari bahan alami seperti buah-buahan atau sayuran masih bergantung pula pada proses pengolahan. Misalnya, pada sayuran hijau yang dimasak terlalu lama, maka zat besinya akan terurai. Jadi, selama proses pembuatan makanan berlangsung dengan benar, vitamin dari sumber alami (makanan sehari-hari) lebih dianjurkan.

Tips

* Berikan makanan sehari-hari yang sarat akan vitamin dan mineral, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
* Bila memilih suplementasi vitamin, pilihlah yang sudah terbukti khasiatnya.
* Berhati-hatilah dengan suplementasi yang mengandung bahan-bahan lain di luar vitamin.

Vitamin Dan Mineral Untuk Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5