Tips Merawat Puting Payudara Pada Ibu Menyusui

Tips Merawat Puting Payudara Pada Ibu MenyusuiKetika Anda sedang menyusui si kecil, biasanya puting payudara Anda pasti sering kali terluka dan kesakitan. Hal tersebut merupakan salah satu tantangan yang harus dijalani oleh setiap wanita.

Sakit dibagian puting payudara ini pada umumnya diakibatkan karena bayi yang menyedot ASI terlalu keras dan kasar. Sering kali puting terasa kesakitan bahkan ada yang sampai berdarah.

Berikut ini ada beberapa cara dalam mencegah hal tersebut, diantaranya:

1. Kurangi Pemakaian Bra

Dengan menggunakan bra yang tidak cocok dan merasa sempit akan menekan payudara dan terhalangnya kulit dalam bernafas. Dengan kulit payudara yang terlalu lembab ini bisa mengakibatkan masalah pada puting Anda. Ketika Anda sedang dalam masa menyusui sebaiknya untuk tidak memakai bra atau bisa dengan memilih bra yang nyaman. Hal tersebut akan membantu dalam menurunkan iritasi pada puting payudara Anda. Semakin banyak udara yang masuk akan mengurangi resiko terjadinya luka atau iritasi.

2. Menyusui Secara Rutin

Ketika Anda menyusui si kecil secara rutin, bayi Anda akan selalu terasa kenyang dan tidak sampai merasa kelaparan. Biasanya bayi yang terlalu agresif ketika menyusu kepada ibunya akan menggigit bahkan menarik puting payudara. Saat mereka disusui secara teratur tentu saja ini akan mengurangi resiko untuk terjadinya luka pada puting payudara Anda.

3. Pompa Payudara

Sebelum Anda menyusui si kecil sebaiknya pakailah pompa payudara paling tidak selama kurang lebih 2 menit. Hal tersebut akan sangat membantu dalam membuat area payudara lebih lemas dan juga melancarkan keluarnya ASI Anda.

4. Gelitikkan Puting Pada Bayi

Sebelum menyusui si kecil sebaiknya gelitikkan dulu puting pada mulut bayi. Ketika mulut bayi sudah mulai terbuka lebar baru Anda masukkan puting Anda. Ini akan menghindarkan Anda pada resiko luka akibat gigitan si kecil.

5. ASI

Sebaiknya Anda harus mengoleskan ASI pada puting ketika selesai menyusui. ASI ini sangat baik karena mengandung banyak antibodi. ASI ternyata bisa menyembuhkan luka pada puting dengan cepat.

6. Kantung Teh Hangat

Sebelum Anda menyusui cobalah untuk kompreskan kantung teh hangat pada puting payudara Anda. Hal tersebut akan menyegarkan puting Anda dan akan membantu dalam mengobati ketika puting Anda terluka.

Selamat mencoba.

Tips Merawat Puting Payudara Pada Ibu Menyusui | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5