Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Tips Menjaga Kesehatan Mata AnakLingkungan sekitar kita ternyata membawa pengaruh yang sangat besar terhadap anak anak.

Selain perilaku, lingkungan juga membawa dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan anak, terutama kesehatan mata mereka.

Terlalu lama berada di depan televisi, komputer, tablet dan bahkan telepon genggam membuat mata anak anak cepat rusak.

Apalagi jika anak Anda merupakan anak yang sangat gemar bermain game, maka resiko kerusakan mata pun akan semakin besar.

Lingkungan yang tidak kondusif dan kurangnya perhatian dari orang tua menyebabkan banyak anak terancam terkena gangguan penglihatan di usia dini.

Oleh karena itu, penanganan masalah pada mata anak sejak dini sangatlah penting agar mata anak tetap sehat sampai tua.

Berbagai Masalah Kesehatan Mata Anak

Ada banyak sekali masalah kesehatan pada mata anak, dalam tiap tiap pertumbuhannya, setiap anak akan dihadapkan pada berbagai masalah pada mata.

Berbagai masalah pada mata tersebut lebih disebabkan oleh factor lingkungan dan kurangnya perhatian orang tua terhadap kesehatan mata anak anaknya.

Berbagai masalah pada mata tersebut antara lain;

Ambliopia atau mata malas 

Mata malas adalah salah satu masalah pada mata anak anak dimata mata akan kurang fokus saat melihat sesuatu. Walaupun sudah menggunakan kacamata, biasanya mata malas akan tetap terjadi. Penyebabnya antara lain terjadinya persilangan mata dan perbedaan bias refraksi diantara kedua belah mata.

Strabismus atau mata juling

Mata juling adalah kelainan pada mata dimana terjadi cacat visual dengan dua titik mata mengarah ke satu titik. Misalnya saja jika sang anak sedang melihat kea rah kiri, namun salah satu matanya melihat ke  arah kanan atau sebaliknya.

Sebagai orang tua, Anda bisa langsung mengantisipasinya dengan cara merangsang anak untuk memfokuskan pandangan mata mereka dengan memaksa mata anak untuk fokus terhadap salah satu benda.

Kelaian refraksi

Kelainan refraksi adalah kelainan pada mata dimana lensa mata tidak mampu membiaskan atau memantulkan cahaya dengan benar sehingga penglihatan mata akan tampak kabur dan berbayang.

Retinoblastoma 

Retinoblastoma merupakan salah satu penyakit tumor ganas yang biasanya muncul karena mata kehilangan visual dan putih di pupilnya.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Untuk menjaga kesehatan mata anak-anak Anda, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah:

Kurangi kebiasaan menonton televisi dan bermain game

Jika anak Anda kecanduan menonton televisi, maka usahakan agar si kecil menonton televisi dari jarak aman, yakni sekitar lima meter dari layar televisi. Hindari juga kebiasaan bermain game baik di komputer,  tablet maupun di Smartphone dengan mengajak anak bermain.

Hindari kebiasaan membaca sambil tiduran atau terlentang

Saat anak membaca, berikanlah pencahayaan yang cukup dan jangan lupa untuk selalu mengontrol anak Anda agar tidak membaca buku sambil tiduran atau terlentang.

Berikan anak makanan yang sehat dan bergizi serta mengandung vitamin A

Berikan asupan makanan yang kaya akan vitamin A seperti buah apel dan sayuran hijau. Anda juga bisa memberikan lebih banyak asupan sayuran dengan memberikannya jus sayuran dan buah buahan segar.

Berikan juga berbagai jenis ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna yang kaya akan omega-3

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata pada anak Anda. Berikan perhatian khusus terhadap kesehatan mata anak Anda sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Periksakanlah anak Anda ke dokter khusus mata jika terjadi masalah yang lebih serius pada mata anak Anda sebelum terlambat.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5