Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tips Meningkatkan Nafsu Makan AnakMakan adalah kebutuhan setiap manusia, tak terkecuali anak kecil. Berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh diperoleh melalui makanan.

Akan tetapi, adakalanya si kecil menolak memakan apa yang sudah kita berikan. Anak melakukan Gerakan Tutup Mulut jika tak mau makan, bahkan kadang dalam seharian tidak ada satu makanan pun yang masuk ke mulut si kecil.

Sebagai orang tua, Anda tentu merasa waswas dan tidak ingin membiarkan hal ini terjadi, bukan?

Nah, di bawah ini akan dibahas kemungkinan-kemungkinan penyebab anak tidak mau makan dan beberapa tips untuk penyelesaiannya.

Bosan dengan Makanan yang sama

Coba perhatikan menu makanan yang Anda berikan pada si kecil. Apakah masakan yang Anda berikan hampir sama setiap harinya? Jika ya, ada kemungkinan anak Anda merasa bosan dengan menu masakan yang sama.

Sesekali cobalah berkreasi untuk membuat jenis masakan baru. Anda juga bisa mengeksplore kemampuan memasak Anda disini. Dengan bahan yang sama pun bisa Anda olah menjadi jenis masakan yang berbeda. Siapa tahu dengan menu masakan yang baru, anak Anda akan menjadi lebih lahap.

Penampilan yang Biasa

Namanya anak-anak, pasti tertarik dengan sesuatu yang berbentuk dan berwarna warni. Jika anak Anda mulai malas makan, bisa jadi dia ingin melihat sesuatu yang baru pada makanannya.

Tipsnya, Anda bisa mencoba mengkreasikan tampilan makanan untuk si kecil. Misalnya dengan membuat telur mata sapi yang diberi mata dan mulut dari potongan sosis, atau mengkreasikan sesuai kesukaan anak Anda.

Begitu juga untuk makanan kecil, jika Anda membuat agar-agar atau puding, cobalah membuat di cetakan kecil dengan bentuk-bentuk yang lucu dan warna yang menarik. Anak Anda pasti tertarik untuk mencobanya.

Suasana yang Berubah

Bisa jadi anak Anda juga akan bosan karena setiap waktu makan dia harus duduk manis di atas kursi makannya. Sesekali ajaklah anak makan di tempat lain, seperti di teras rumah atau di ruang tamu.

Tetapi dengan tetap menanamkan pemahaman pada anak bahwa makan itu seharusnya di meja makan. Jika tips ini berhasil membuat anak mau makan, secara bertahap dan perlahan ajak anak untuk kembali makan di meja makan pada sesi makan berikutnya.

Reward

Setiap anak membutuhkan motivasi tersendiri untuk melakukan sesuatu. Termasuk dalam hal makan. Kadang anak memang harus dibujuk atau diiming-imingi sesuatu untuk bisa makan.

Orang tua juga bisa menerapkan hal ini jika tingkat ketidakmauan anak untuk makan dirasa sudah cukup tinggi. Bunda bisa menjanjikan anak untuk membelikan mainan atau mengajak ke taman bermain jika anak mau makan. Terkadang cara ini juga ampuh lho. :)

Komunikasi itu Penting

Saat sedang berdua dengan anak, coba tanyakan pada mereka, kenapa mereka tidak mau makan. Bisa jadi mereka punya jawaban yang di luar prediksi Anda. Jika anak mau memberikan alasan tertentu, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari solusinya.

Anda juga bisa menanamkan sugesti-sugesti menjelang anak tidur. Teori ini dinamakan Hypnoparenting. Jadi ketika anak sudah bersiap untuk tidur, dalam keadaan anak hampir memejamkan mata, Bunda bisa membisikkan kalimat-kalimat di telinga si kecil.

Bunda bisa menanamkan sugesti agar si kecil mau makan. Katakan pada si kecil mengenai pentingnya makan, dan apa akibatnya jika anak tidak makan. Teori ini bisa Anda lakukan setiap malam secara rutin. Dengan kekonsistenan, maka secara tidak sadar anak Anda akan mengikuti apa yang selalu Anda sampaikan menjelang tidurnya.

###

Demikianlah beberapa tips dan cara meningkatkan nafsu makan anak. Semoga bermanfaat.

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5