Tips dan Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Tips dan Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar AnakPendidikan anak merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan orangtua di era modern saat ini.

Bagi anda para orangtua, perlu diketahui bahwa salah satu faktor yang berpengaruh pada pendidikan anak adalah prestasi belajar –dan disinilah anda memainkan peranan penting.

Karena pretasi belajar anak sangat bergantung pada konsentrasi anak saat belajar, para orangtua harus memastikan bahwa konsentrasi anak anda tidak terganggu, terutama saat dia belajar.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang mengeluh tentang rendahnya konsentrasi belajar anak mereka. Anda salah satunya? Dibawah ini beberapa tips meningkatkan konsentrasi belajar anak anda.

Pelajari dan Cegah Hal-Hal yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Anak

Anda para orangtua wajib mempelajari dan mencegah hal-hal yang bisa menganggu konsentrasi belajar anak. Di zaman modern ini, produk-produk teknologi dari gadget hingga komputer adalah pengganggu konsentrasi anak nomer satu. Anda tidak harus melarang anak menggunakan smartphone atau PC, cukup awasi dan atur jadwal penggunaan alat-alat tersebut.

Lingkungan sekolah dan rumah, terutama yang berhubungan dengan teman sepermainan juga bisa mengganggu konsentraasi anak – konflik dengan teman sebaya, misalnya.

Agar interaksi sosial anak di sekolah dan sekitar rumah tidak mengganggu konsentrasi belajar, luangkan waktu untuk mendengar cerita anak anda tentang apa yang dia pelajari (atau yang terjadi) di sekolah.

Mulai dengan Makanan Bergizi

Konsentrasi anak berhubungan erat dengan asupan nutrisi: semakin berimbang asupan nutrisi seorang anak, semakin tinggi kinerja otaknya. Oleh karena itu, anda para orangtua harus memastikan bahwa anak anda menkonsumsi nutrisi berimbang tiap harinya, mulai dari sarapan, snack atau bekal untuk di sekolah, makan siang, hingga makan malam.

Beberapa jenis nutrisi dan makanan yang wajib dikonsumsi anak adalah: karbohidrat (nasi dan roti), serat (roti gandum dan oatmeal), vitamin (sayuran dan buah-buahan), protein (telur, susu, dan keju), dan mineral.

Buat Jadwal Harian, Terutama di Weekdays

Meningkatkan konsentrasi belajar anak harus dimulai dengan melatih anak untuk terbiasa dengan rutinitas harian, terutama di weekdays (senin hingga jumat). Dibawah ini langkah-langkahnya:

Pertama, buat jadwal harian dari pagi hingga malam hari, dari senin hingga jumat.

Kedua, satu atau dua bulan pertama, awasi dan terus ingatkan anak untuk mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Sempatkan waktu untuk mengevaluasi jadwal harian yang telah dibuat. Jika anak anda tidak bisa mematuhi jadwal yang dibuat, cari tahu sebabnya. Kurangi pengawasan saat anak anda sudah mulai terbiasa dengan jadwal harian ini.

Ketiga, orangtua juga harus konsisten dengan jadwal harian anak. Hindari mengajak anak ke acara atau ke tempat yang kurang penting, di sela-sela jadwal hariannya.

Ciptakan Suasana Rumah yang Kondusif

Rumah dan keluarga, baik orangua dan saudara, sebenarnya adalah faktor yang paling mempengaruhi konsentrasi belajar anak. Karena itu, ada baiknya bila anak anda memiliki kamar sendiri dimana dia bisa belajar dengan tenang.

Bila anda memilik anak yang lebih kecil (bayi/balita), temani anak anda agar tidak rewel atau menangis sementara kakanya belajar. Untuk ayah dan ibu, hindari bertengkar di dalam rumah, terutama di jam belajar anak, karena ini sangat mengganggu konsentrasi belajar.

Refreshing saat Weekend Itu Penting

Jadwal harian itu memang penting; tapi liburan dan refreshing saat weekends juga tidak kalah penting. Untuk weekend biasa, bebaskan anak anda untuk melakukan apa yang dia suka seperti bermain games dan menonton acara TV kesukaan – tetap dibawah pengawasan tentu saja. Ijinkan anak untuk bermain atau menginap di rumah temannya (pastikan anda mengenal betul teman anak anda dan orangtuanya).

Nutrisi Tambahan: Pentingkah?

Percaya atau tidak, anak-anak yang mengkonsumsi tambahan supplement asam lemak esensial (EPA, DHA, dan GLA) memiliki tingkat konsentrasi belajar yang tinggi, dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi.

Karena itu, bila anda ingin lebih memaksimalkan kemampuan konsentrasi anak saat belajar, berilah anak anda supplement atau susu yang mengandung asam lemak essential secara rutin.

Tips dan Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5