Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Meski Berpuasa

Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Meski Berpuasa

Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Meski Berpuasa

DOKTERANAK.NET – Benarkah sih ibu yang sedang menyusui dilarang berpuasa saat bulan Ramadhan? Puasa memang hukumnya wajib untuk semua muslim, tapi jika Anda ingin tetap berpuasa boleh-boleh saja. Namun, Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini.

Konsultasi Ke Dokter

Pastikan kesehatan Anda selalu diperhatikan. Caranya konsultasikan ke dokter, kemudian apakah Anda diperbolehkan berpuasa atau tidak.

Jangan Terlalu Capek

Untuk sementara hindari dulu pekerjaan berat yang dapat menguras energi Anda. Anda perlu beristirahat, namun jangan dilakukan dengan berlebihan.

Picky Soal Makanan

Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat menyusui. Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Pilihlah makanan yang kaya akan protein, seperti sayuran dan buah-buahan.

Hindari Makanan Tinggi Gula

Makanan yang banyak mengandung gula dapat menyebabkan gula darah Anda menjadi naik drastis. Akibatnya Anda akan mudah gelisah, lemas dan selalu merasa haus.

Ketika tubuh sudah mulai merasa kurang enak badan saat puasa, beristirahat sejenak. Namun, jika kondisi tubuh semakin lemah konsultasikan ke dokter.

Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Meski Berpuasa | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5