Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak


Tips Agar Bayi Tidur NyenyakMenjadi orang tua baru biasanya akan membuat Anda mengubah beberapa rutinitas Anda sehari-hari, apalagi saat Anda harus 24 jam penuh menjaga bayi Anda.

Bayi memang memiliki kekhasan tersendiri yang sebaiknya Anda kenali pada sebelum dan saat-saat awal menjadi orang tua.

Hal yang paling sering membuat orang tua baru kerepotan adalah kecenderungan bayi yang kadang terbangun tengah malam dan terus terjaga sesuka hatinya.

Ini adalah pengalaman yang sangat umum dialami oleh orang tua baru, yang ikut terjaga semalaman sementara bayi Anda tidak mau tidur dengan pulas.

Membuat bayi tidur nyenyak adalah satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan agar aktivitas Anda pada siang hari tidak terganggu akibat ulah bayi Anda. Secara umum bayi tertidur selama 16 jam sehari, namun waktu tidurnya kadang tidak kontinyu atau terpecah-pecah.

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak

Agar Anda dapat tidur dengan nyaman di malam hari, Anda perlu mengakali agar bayi tidur nyenyak lebih lama saat malam. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar bayi bisa tidur nyenyak di malam hari:

Buatlah jadwal yang teratur

Segala sesuatu yang teratur akan lebih mudah dikendalikan, begitu pun pada bayi Anda. Tetaplah menjalankan rutinitas yang sama setiap waktu. Bangunkan bayi Anda pada jam yang sama di pagi hari meskipun ia terjaga semalaman. Dengan begitu pada malam hari bayi Anda akan tidur lebih lama, dan kondisi akan membantu anggota keluarga yang lain untuk memiliki waktu tidur lebih lama.

Tidurkan bayi di ruangan yang terang pada siang hari

Tidur di ruangan yang terang akan membuat bayi tidak terlalu nyenyak. Hasilnya? Ia akan tidur lebih lama di malam hari karena waktu tidur siangnya terlalu sedikit.

Berikan ASI yang lebih banyak pada siang hari

Anda harus mengesampingkan naluri bayi yang tidak terlalu ingin menyusu pada waktu siang hari. Berikan ASI yang lebih banyak pada siang hari agar seluruh kebutuhan nutrisinya terpenuhi pada siang hari. Bayi yang lebih kenyang akan tertidur pulas semalaman.

ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi

Memberikan ASI pada bayi Anda berarti memberikan asupan nutrisi terbaik. Bayi yang mendapatkan asupan nutrisi yang baik akan tertidur lebih nyenyak pada waktu malam hari.

Gendonglah bayi di waktu sore

Cobalah menggendong bayi di saat sore agar bayi Anda merasa lebih santai dan senang. Perasaan santai dan tenang ini akan terbawa hingga waktu malam saat dia tertidur.

Buat bayi Anda tenang

Bayi yang suasana hatinya tenang akan tidur lebih lama, karena bayi akan merasa rilek dan senang. Anda bisa melakukan beberapa hal di sore hari untuk membantu bayi Anda tenang, seperti menyanyikannya, memandikan serta memijatnya dengan lembut. Bayi Anda akan sangat senang dengan perlakuan Anda dan sebagai imbalannya, dia akan tidur nyenyak sepanjang malam.

Gelapkan ruang tidur saat menyusui

Biarkan ruang tidur bayi memiliki penerangan yang minim, sehingga saat bayi terbangun di tengah malam dan ingin menyusu, dia akan belajar bahwa malam hari adalah waktunya tidur. Bayi harus belajar mengenali waktu malam dari berkurangnya cahaya di ruangan tidurnya.

Ajak bayi Anda jalan-jalan

Sering-seringlah mengajak bayi Anda berjalan-jalan di bawah sinar mentari sambil menghirup udara segar. Bayi yang sering diajak berjalan-jalan baik dalam gendongan atau kereta bayi, dapat membantunya melepaskan stres.

***

Nah, saat bayi Anda tidur nyenyak, Anda juga harus ikut memulihkan tenaga. Selamat mencoba!



CARI ARTIKEL YANG ANDA PERLUKAN DI SINI:

Loading

Kategori Tips Balita :: Kata Kunci: , , , , , , cara agar bayi tidur nyenyak 0 Comments