Tinggi Dan Berat Badan Ideal Bayi

Tinggi Dan Berat Badan Ideal BayiUntuk mengetahui berat badan dan tinggi badan si bayi yang ideal, setiap negara memiliki standar yang berbeda. Misalnya bayi yang berasal Asia yang memiliki berat dan tinggi badan yang kecil dibandingkan bayi yang berasal dari Eropa, sehingga memiliki standar yang berbeda-beda.

Dilihat dari standar Departemen Kesehatan Indonesia, berat badan yang ideal untuk bayi yang berusia 1-3 bulan adalah 3,4 sampai 5,7 kilogram dan tinggi badannya sekitar 40,5 hingga 60 sentimeter. Untuk bayi yang berusia 4-6 bulan memiliki berat badan yang ideal adalah 5 sampai 7,4 kilogram dan tinggi badannya sekitar 62,5 sampai 66 sentimeter.

Saat usia bayi menginjak 7 sampai 9 bulan, maka secara otomatis berat badan si bayi naik sekitar 8 hingga 8,9 kilogram dan tinggi badannya sekitar 67,5 sampai 70, 5 sentimeter. Sedangkan berat badan yang bayi berusia 10 sampai 12 bulan antara 9,3 dan 9,9 kilogram dan tinggi badan sekitar 72 hingga 74,5 sentimeter. Seperti yang Anda ketahui bahwa semakin bertambah usia su bayi, maka secara otomatis berat badan dan tinggi badannya juga terus bertambah.

Namun perlu Anda ketahui bahwa berat badan dan tinggi badan bayi yang ideal tersebut tidak bersifat mutlak, karena ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Salah satu diantaranya adalah kedua orang tua bayi. Jika orang tua si bayi memiliki berat badan dan tinggi badan yang besar, maka kemungkinan besar berat badan dan tinggi badan si bayi juga lebih besar, bagitu juga sebaliknya jika orang tuanya memiliki berat badan yang kecil.

Selain itu juga, faktor gizi dan pola makan yang sehat juga mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan berat badan dan tinggi badan si bayi. Memiliki pola makan yang sehat ditunjang dengan gizi, maka berat dan tinggi badan si bayi juga bisa semakin ideal.

Tinggi Dan Berat Badan Ideal Bayi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5