Tempat Menyimpan Perlengkapan Bayi

Tempat Perlengkapan BayiKehadiran si kecil tentu memberikan kegembiraan bagi keluarga. Namun, seringkali juga menambah “kerepotan.” Selain karena ritme hidup kita sehari-hari berubah, juga karena bayi butuh begitu banyak perlengkapan, mulai baju dan celana, selimut, sprei, botol susu, popok, obat-obatan, sampai mainan.

Rumah yang rapi pun tak jarang berubah menjadi seperti kapal pecah. Tapi kalau tahu triknya, kondisi itu bisa dihindari, kok. Simak kiat jitu di bawah:

a.Pilih satu tempat khusus di bagian rumah untuk meletakkan perlengkapan bayi. Kalau bisa, di kamar yang tertutup supaya lebih rapi dan tak mudah kotor. Dengan begitu, anggota keluarga tak perlu repot-repot berkeliling hanya untuk mencari popok atau gunting, misalnya.

b.Pilih tempat yang memudahkan aktivitas Anda. Sebaiknya tak jauh dari kamar mandi dan dapur, dan terletak di satu lantai. Jadi, bila pembantu pulang kampung, Anda tetap bisa melakukan semua aktivitas dengan mudah.

c.Siapkan wadah-wadah plastik berukuran sedang dan berwarna cerah. Sebaiknya yang transparan, sehingga memudahkan kita melihat ke dalamnya. Namun, jika Anda lebih suka wadah yang tak transparan dan memiliki tutup, jangan lupa menuliskan daftar isi wadah itu pada tutup atau sisi muka.

d.Kelompokkan perlengkapan bayi sesuai fungsinya. Misalnya, satukan susu formula dengan botol dan dotnya dalam satu wadah. Atau, alkohol dengan minyak telon, minyak kayu putih, kapas dan gunting.

e.Letakkan mainan bayi dalam wadah terbuka berdasarkan jenisnya. Misalnya, mobil-mobilan diletakkan dalam satu wadah, terpisah dari boneka atau buku. Dengan begitu, jika Anda sedang memerlukan buku cerita untuk si kecil, tak perlu membongkar satu dus besar untuk mencarinya.

f.Manfaatkan tempat sepatu/tas gantung dari plastik untuk meletakkan kebutuhan si bayi selama seminggu. Misalnya, baju, sepatu, dan topi pink untuk hari Senin, celana plus kaos dan sepatu biru untuk hari Selasa, dan seterusnya. Siapkan semuanya pada akhir minggu, sehingga setiap pagi Anda tak bingung mencari pasangan kaos kaki bayi ataupun aksesoris lainnya.

Tempat Menyimpan Perlengkapan Bayi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5