Situasi Aids Di Indonesia

Pada bulan September 2000 di laporkan ke Direktorat Jenderal PPM & PL, Departemen Kesehatan RI, bahwa:
1. Ditemukan adanya kasus AIDS sebanyak 4 orang. Sedangkan yang terinfeksi HIV sebanyak 3 orang (sumber laporan dari rumah sakit).
2. Ditemukan adanya kasus AIDS sebanyak 1 orang di Puskesmas Batu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (sumber laporan dari puskesmas).
3. Ditemukan adanya kasus AIDS sebanyak 1 orang di Kabupaten Belitung (sumber laporan dari Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten II).
4. Ditemukan adanya kasus HIV barn yaitu 3 kasus (2 orang dari DKI, 1 orang dari Jawa Barat). Ke-3 kasus baru ini adalah laki-laki Warga Negara Indonesia (WNI). Dua dari 3 kasus baru ini adalah pemakai narkotika suntikan.
5. Ditemukan adanya kasus AIDS baru yaitu 6 orang (3 orang dan Jawa Barat, dan masing-masing 1 orang dari DKI, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan) dengan perincian:
a. semua warga negara Indonesia,
b. 5 kasus kelompok umur 20-29 tahun (dewasa muda),
c. 1 kasus kelompok umur 15-19 tahun (remaja).

Jumlah penderita HIV positif dan kasus AIDS yang dilaporkan selama periode 1 Januari s/d September 2000 adalah sebagai berikut:
4268 kasus terinfeksi HIV
4137 kasus AIDS.

Provinsi yang melaporkan adanya kasus infeksi HIV adalah 23 provinsi. Sebaliknya, Provinsi yang belum melaporkan adanya kasus infeksi HIV/AIDS, antara lain: Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Situasi Aids Di Indonesia | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5