Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk Bayi

Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk BayiDengan mengkonsumsi berbagai macam sayuran memang sangat baik bagi kesehatan si kecil. Terlebih lagi jika sayuran tersebut berwarna hijau yang diketahui sudah mengandung banyak kadar serat dan mineral yang sangat tinggi.

Walaupun bagi bayi yang sedang memasuki usia 6 bulan dan baru mengetahui jenis makanan pendamping dari ASI tersebut. Hanya saja yang juga Anda perlu ketahui bahwa tidak semua sayuran boleh dikonsumsi untuk bayi di usianya ini.

Naha, inilah 4 macam sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi bayi, diantaranya:

Bayam

Banyam telah mengandung vitamin A Betakaroten, yakni sekitar 1872 mikrogram/100 gram.Selain terdapatnya vitamin A dalam sayur bayam tersebut, vitamin lain yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau ini adalah terdapatnya pula vitamin B dan C, serta mempunyai kandungan baik lainnya seperti asam folat, kalsium, fosfor, mangan, dan zat besi.

Wortel

Wortel sudah banyak yang mengetahui dengan berbagai macam kasiatnya salah satunya adalah bisa menyehatkan mata. Kandungan vitamin A yang diperoleh dalam jenis sayur berwarna khas ini sangatlah tinggi, yaitu dengan mencapai 3600 mikrogram/100 gram.

Brokoli

Sayuran ini juga dikenal sebagai sayuran yang berwarna hijau dengan bentuknya yang khas ini telah mengandung kadar kalsium dan asam folat yang cukup tinggi. Sekitar 88 mikrogram kalsium dan 56 mikrogram asam folat telah terkandung dalam setiap 100 gram brokoli. Dalam kandungan tersebut tentu akan sangat membantu dalam pertumbuhan bayi, terutama pada tulang dan gigi.

Tomat

Buah tomat ini juga sangat kaya akan vitamin C yang akan membantu dalam meningkatkan sistem pada kekebalan tubuh anak. Dalam setiap 100 gram tomat diketahui akan terkandung sekitar 40 miligram vitamin C. Selain vitamin C tomat juga telah mempunyai zat antioksidan alami yaitu likopen. Dengan zat inilah yang akan memberikan warna merah pada tomat.

***

Itulah macam-macam sayuran yang baik bagi bayi untuk dikonsumsi ketika telah memasuki usia 6 bulan.

Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk Bayi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5