Loading...

Risiko Anak yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi kian meningkat pada anak-anak yang mengalami kegemukan (obesitas). Risiko anak memiliki tekanan darah tinggi hampir 3 kali lipat jika indeks massa tubuh (BMI) mencapai dan melebihi persentil ke 85. Jika memiliki anak yang mengalami kelebihan berat badan dan terdapat peningkatan kecil pada BMI, maka peningkatan risiko hipertensi akan cukup dramatis. Pada saat yang sama, jika mampu mengurangi persentil BMI bahkan meskipun hanya sedikit, maka sebenarnya akan terlihat banyak manfaat pada tekanan darahnya. Hubungan antara tekanan darah dan kelebihan berat badan pada anak-anak dan orang dewasa sudah tidak dapat dipungkiri lagi.

Tetapi studi tersebut merupakan studi yang pertama dilakukan pada anak untuk menyelidiki bagaimana tekanan darah yang bervariasi di seluruh spektrum penuh dari ukuran tubuh.Peningkatan tajam dalam risiko hipertensi dan prehipertensi pada persentil ke 85 merupakan peningkatan yang sangat mencolok.
Dokter umumnya menganggap kelebihan berat badan yang merupakan awal dari obesitas relatif tidak berbahaya pada anak-anak. Obesitas didefinisikan apabila BMI pada persentil ke 95 atau lebih. Tetapi temuan baru menunjukkan bahwa, kelebihan berat badan harus dianggap sebagai masalah serius.

Loading...

Risiko Anak yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5