Resiko Merokok Saat Hamil

Resiko Merokok Saat Hamil

Resiko Merokok Saat Hamil

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Seperti yang Anda ketahui bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan, khususnya bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan merokok saat hamil bisa mengancam pertumbuhan si janin dan kesehatan Anda.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa bayi yang lahir dari seorang ibu perokok akan dengan mudah terkena serangan jantung dan stroke. Nah, berikut ini resiko merokok saat hamil:

Komplikasi Kehamilan

Ibu hamil yang merokok lebih cenderung melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal. Tentu saja bisa memicu pendarahan berat saat melahirkan.

Kematian Mendadak Pada Bayi

Merokok bagi ibu hamil akan memberikan efek buruk seperti kematian mendadak pada si bayi (Sudden Infant Death Syndrome).

Lahir Cacat

Merokok saat hamil bisa meningkatkan bayi cacat saat lahir dan cacat jantung bawaan. Apalagi jika si ibu yang perokok aktif.

Kanker Anak

Merokok membuat bayi lebih beresiko terkena kanker, misalnya leukemia dan limfoma yang bisa dialami bayi yang baru lahir.

Gangguan Perkembangan

Merokok saat hamil juga bisa memicu Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada bayi. Hal ini diperjelas dari beberapa sumber kesehatan yaitu akan mengalami berbagai masalah perilaku seperti keterbelakangan mental.

Resiko Merokok Saat Hamil | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5