Resep Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Resep Makanan Sehat untuk Ibu MenyusuiYang dimaksud dengan prolaktin dan oksitosin adalah hormon yang paling penting yang diperlukan ibu menyusui. Prolaktin berperan untuk produksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas dalam merangsang ASI sehingga bisa keluar.

Para ibu yang sedang menyusui disarankan untuk merasa selalu dalam keadaan bahagia dan relaks, aman dan dicintai, sebab akan merangsang oksitosin untuk bisa mengeluarkan ASI.

Sementara untuk memproduksi ASI agar melimpah, pastikan Anda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sebab usaha prolaktin juga sangat berpengaruh terhadapat nutrisi yang Anda konsumsi.

Selain dari cadangan lemak dalam tubuh, energi yang diperlukan untuk memproduksi ASI ibu menyusui didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, Anda harus tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dalam jenis yang bervariasi setiap harinya.

Ketika menyiapkan menu sehari-hari, sebaiknya Anda harus memperhatikan kondisi beberapa jenis bahan makanan apakah sudah memenuhi kandungan gizi yang seimbang.

Anda harus pandai-pandai dalam mencampurkan berbagai bahan makanan agar selalu memiliki gizi yang seimbang, tapi sesuai selera Anda.

Berikut aneka resep untuk ibu menyusui yang bisa Anda coba, diantaranya:

Gado-gado Bangkok
Selada Wortel Tuna
Sayur Gulung Isi Daging
Brokoli Daging
Tinotuan Manado
Oseng Daun Labu Udang
Cake Ubi Kismis
Sangkaya
Bubur Kacang Hijau Isi Kacang Merah
Gadon Daun Katuk

Resep Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5