Loading...

Rasa Tidak Nyaaman Saat Hamil

Kehamilan adalah salah satu keajaiban yang indah bagi perempuan. Tapi tak sedikit perempuan yang terkejut dengan perubahan pada tubuh yang membuatnya tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa kondisi dan perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan

Merasa nyeri di badan.
Seiring dengan semakin berkembangnya rahim, maka ibu hamil mungkin merasa sakit dan nyeri pada punggung, perut, daerah selangkangan dan paha. Sebagian besar ibu hamil merasa sakit punggung dan sakit di dekat tulang panggul akibat tekanan dari kepala bayi dan peningkatan berat badan.

Perubahan ukuran payudara.

Selama hamil payudara akan bertambah besar dan terasa penuh. Hal ini karena adanya perubahan hormon yang menyebabkan payudara bertambah besar, berat dan penuh serta cara tubuh mempersiapkan diri untuk menyusui.

Sembelit atau konstipasi.
Tingginya tingkat hormon selama kehamilan akan membuat proses pencernaan melambat, mengendurkan otot di perut serta adanya tekanan dari rahim di perut yang bisa membuat seseorang mengalami sembelit.

Loading...

Kelelahan dan gangguan tidur.
Kelelahan biasanya terjadi di trimester pertama yang merupakan tanda dari tubuh bahwa ia membutuhkan lebih banyak istirahat.

Pembengkakan.
Sebagian besar ibu hamil mengalami pembengkakan di wajah, tangan, pergelangan kaki atau beberapa titik di tubuh. Kondisi ini merupakan hal yang umum terjadi. Untuk mengatasinya hindari minuman kafein dan masakan asin, istirahat serta mengangkat kaki.

Rasa Tidak Nyaaman Saat Hamil | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5