Perubahan yang Terjadi Ketika Memiliki Anak

Sebagai orangtua memang membawa kebahagian setelah memiliki anak. Karena anak adalah buah hati sebagai orangtua. Tetapi anak juga terkadang membawa beberapa perubahan pada orangtua. Kehadiran anak ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. seperti menurunkan tekanan darah. membuat tubuh tetap bergerak aktif, menjadi lebih bahagia. membut otak lebih banyak pengetahuan.

Ada beberapa perubahan yang terjadi ketika sudah memiliki anak:

Waktu tidur yang berkurang
Sudah menjadi rahasia umum bahwa waktu tidur orangtua akan berkurang ketika ia baru memiliki anak. Tapi agar tidak kekurangan waktu istirahat maka pintar-pintarlah membagi waktu. Usahakan ikut tidur ketika si kecil tidur siang serta memberikan jadwal piket di malam hari agar pasangan tetap bisa beristirahat.

Memiliki sedikit waktu untuk diri sendiri
Memiliki bayi yang baru lahir akan membuat seseorang sulit berkumpul dengan teman-teman karena harus menjaga bayinya 24 jam dalam 7 hari seminggu. Untuk mengatasinya cobalah mencari cara menyenangkan diri sendiri sambil tetap menjaga bayi, atau meminta bantuan orang lain untuk menjaga bayi dan gunakan waktu untuk memanjakan diri sendiri.

Perubahan suasana hati
Kelelahan dalam menjaga bayi dan adanya fluktuasi hormon yang belum stabil membuat seseorang memiliki suasana hati yang mudah berubah-ubah. Cobalah bermeditasi selama beberapa menit setiap harinya untuk menenangkan diri dan hindari konsumsi kafein.

Khawatir dengan keuangan
Umumnya bayi memiliki keperluan yang tidak sedikit sehingga mempengaruhi jumlah pengeluaran keluarga. Buatlah daftar apa saja pengeluaran bayi dan pendapatan yang diterima, sehingga bisa membuat daftar prioritas.

Waktu berhubungan seks yang berkurang
Beberapa hal romantis yang biasa dilakukan mungkin akan berkurang ketika sudah memiliki anak, seperti ciuman selamat malam atau berkurangnya waktu untuk berhubungan seks. Cobalah mengobarkan asmara kembali dengan melakukan hal-hal romantis berdua.

Perubahan yang Terjadi Ketika Memiliki Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5