Perubahan Fisik Ibu Hamil Pada Trimester 3

Perubahan Fisik Ibu Hamil Pada Trimester 3Selama kehamilan tubuh akan mengalami perubahan fisik terbesar. Perubahan fisik ini adalah hal yang wajar karena tubuh mereka akan menyesuaian dengan pertumbuhan janin. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa perubahan fisik yang mengganggu bagi ibu hamil dan ada juga tidak.

Langsung saja Anda simak berikut ini, perubahan fisik ibu hamil pada trimester 3.

Pendarahan

Biasanya pendarahan terjadi pada bulan awal kehamilan. Namun, jika Anda melihat darah yang keluar sangat banyak dan disertai rasa nyeri, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter.

Nyeri Payudara

Nyeri di payudara terjadi karena tubuh sedang menyiapkan saluran susu. Untuk mengurangi rasa nyeri, Anda bisa menggunakan bra yang sedikit lebih longgar.

Sembelit

Mengalami sembelit saat hamil adalah hal yang wajar, karena hormon mengalami peningkatan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan air putih.

Keputihan

Wanita hamil tidak lepas dari namanya keputihan. Tapi, jika Anda melihat keputihan berwarna dan berbau, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter.

Kelelahan

Selama kehamilan, tubuh lebih mudah merasa lelah karena tubuh bekerja lebih keras dari biasanya. Disarankan untuk mencukupi kebutuhan istirahat dan zat besi agar stamina Anda tetap baik.

Sering Buang Air Kecil

Anda akan lebih sering buang air kecil dibandung biasanya karena kandung kemih Anda tertekan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan janin.

Maag

Selama hamil, mereka akan mengalami peningkatan hormon sehingga makanan tidak langsung sampai di lambung. Untuk mengatasinya, Anda bisa makan berkali-kali dengan porsi kecil.

Morning Sickness

Morning sickness atau rasa mual dan ingin muntah adalah hal yang wajar dari kehamilan. Walaupun namanya morning sickness, namun sebenarnya bisa terjadi pada pagi hari.

Perubahan Fisik Ibu Hamil Pada Trimester 3 | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5