Penyebab Merahnya Bokong Pada Bayi

Bokong merah atau dermatitis adalah salah satu masalah kulit pada bayi  dalam usia satu tahun pertama.

Masalah kulit yang diketahui dengan istilah ruam popok ini yaitu biasanya akan terlihat  ada bercak kemerahan pada permukaan kulit bayi yang tertutup popok, yaitu pada daerah bokong, daerah lipatan paha atau selangkangan , dan pada daerah disekitar kelamin.

Penyebab yaitu bayi memakai popok dalam seharian sehingga pada bagian kulitnya yang tertutup oleh popok cenderung akan mengalami kelembaban. Apalagi jika bayi  sedang pipis atau pup.

Penyebab umum bokong merah pada bayi ini adalah:

Popok lama tidak diganti, terutama jika popok sudah dalam keadaan basah akibat terpapar oleh pipis atau pup. Keadaan yang begitu lembab dapat merangsang adanya pertumbuhan jamur dan tentu saja hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi jamur.

Adanya gesekan dari popoktersebut sehingga dapat terjadi iritasi. Apalagi jika kulit dalam keadaan sangat lembab karena popok tersebut lama terkena air pipis atau pup.

Pada bayi yang berusia di atas 6 bulan, bisa disebabkan oleh adanya suatu zat-zat tertentu di dalam pemberian makanan padat pertama yang belum bisa untuk ditoleransi atau dicerna oleh tubuhnya. Misalnya,  pemberian telur dan jenis kacang-kacangan.

Penyebab Merahnya Bokong Pada Bayi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5