Pengobatan dan Pencegahan Kejang Demam Pada Anak

Pengobatan dan Pencegahan Kejang Demam Pada AnakPENGOBATAN

Orang tua sebaiknya tetap tenang dan mengawasi anaknya. Untuk mencegah terjadinya cedera, sebaiknya anak dibaringkan di lantai atau tanah, singkirkan benda-benda yang bisa melukai anak. Jangan menahan atau menggendong anak selama kejang berlangsung.

Supaya tidak tersedak, baringkan anak dalam posisi miring atau telungkup. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut anak karena bisa melukai dan menyumbat saluran pernafasan. Jika kejang berlangsung selama lebih dari 10 menit, anak harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

Untuk mengatasi demam bisa diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Aspirin sebaiknya tidak digunakan untuk mengobati demam pada anak-anak karena resiko terjadinya sindroma Reye. Penyebab demam harus diobati.

PENCEGAHAN

Kejang bisa terjadi jika suhu tubuh naik atau turun dengan cepat. Pada sebagian besar kasus, kejang terjadi tanpa terduga atau tidak dapat dicegah. Dulu digunakan obat anti kejang sebagai tindakan pencegahan pada anak-anak yang sering mengalami kejang demam. Tetapi hal ini sekarang sudah jarang dilakukan. Kepada anak-anak yang cenderung mengalami kejang demam, saat mereka menderita demam, bisa diberikan diazepam (baik yang melalui mulut maupun melalui rektaI).

Sumber: Buku Menjadi Dokter Bagi Anak Anda

Oleh: Wahyu Rahayu Utaminingsih

Pengobatan dan Pencegahan Kejang Demam Pada Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5