Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) akan butuh tantangan yang tak terduga bagi orang tuanya. Karena jika diberikan terlalu cepat, maka akan berakibat buruk bagi bayi.

Bayi akan siap mengkomsumsi makanan padat susudah adanya pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertamanya.

Jika kita memberikan makanan padat terlalu dini, maka akan dikhawatirkan alat pencernaan pada bayi tidak siap untuk menerimanya, danĀ  sangat berisiko lebih tinggi bayi dapat mengalami alergi makanan.

Ada beberapa dokter yang menyarankan untuk pemberian makanan padat dapat diberikan setelah bayi siap , dengan tanda-tanda sebagai berikut:

1. Bayi akan ikut mengunyah bila melihat orang yang sedang makan.
2. Bayi Berusaha keras untuk mengambil makanan jika dia melihat ada orang yang sedang makan.

Pada bayi usia 6 bulan, kebutuhan ASI masih begitu sangat tinggi dan kualitasnya juga bagus. Memberikan makanan yang padat pada bayi selain memuaskan rasa penasaran ingin tahunya, juga berfungsi dalam melengkapi kebutuhan gizinya.

Pengenalan dan pemberian makanan padat pada bayi sebaiknya dilakukan secara bertahap, dari yang cair sampai makanan lumat. Adapun proses menyuapi bayi pada umumnya membutuhkan waktu lebih lama dari pada ketika anda menyusui bayi. Ini sudah pasti, karena bayi memang belum pandai untuk mengunyah dan menelan makanan padat tersebut.

Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5