Loading...

Menu Sahur Bagi Ibu Menyusui

Menu Sahur Bagi Ibu MenyusuiPuasa Ramadhan bagi Ibu menyusui memang menjadi hal yang sunnah untuk dikerjakan, sebab jika apabila khawatir akan kesehatannya dan bayi, maka puasa di bulan suci ramadhan bisa diganti dengan cara membayar fidyah atau menggantinya dilain hari setelah bulan ramadhan selesai.

Tetapi untuk Ibu menyusui yang tetap saja berpuasa tentu menjadi satu keutamaan. Untuk mendapatkan agar puasa ibu menyususi menjadi lancar, sebaiknya simak cara-cara menu sahur bagi Ibu menyusui di bawah ini.

Menu makanan yang harus dikonsumsi untuk ibu menyusui pada waktu sahur yaitu beras cokelat atau beras merah. Hal ini disebabkan karena diketahui bahwa beras merah telah banyak mengandung asupan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama tubuh agar sanggup dengan performa maksimal. Ibu menyusui sangat pantas untuk memenuhi asupan karbohidrat, sebab tentu kondisi yang lemas bisa mengakibatkan terjadinya penurunan produksi ASI.

Loading...

Selain dengan mengkonsumsi beras merah dan beras coklat, roti gandum juga sangat baik dikonsumsi bagi Ibu menyusui sebagai makanan sampingan penutup saat sahur. Roti gandum berguna untuk mengawasi tingkat energi yang dimiliki tetap baik. Adapun makanan bergizi untuk ibu menyusui dalam menjalankan puasa yaitu dengan telur. Telur adalah makanan sumber vitamin D dan asam folat yang sangat penting.

Dengan memenuhi akan vitamin D dan asam folat dengan mengkonsumsi telur, maka bayi yang telah mengkonsumsi ASI Anda juga akan menyerap kandungan folat secara baik. Dengan asam folat sangat penting untuk menimbulkan kecerdasan bayi, sehingga jangan khwatir untuk mengkonsumsi telur pada saat ingin sahur di bulan ramadhan nantinya.

Menu sahur bagi Ibu menyusui yang selanjutnya yaitu jenis makanan yang mengandung nutrisi tinggi yaitu sayuran berhijau. Beberapa macam sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur bayam, kangkung dan brokoli. Sayuran merupakan sumber vitamin, zat besi, dan anti oksidan yang baik bagi tubuh sehingga racun yang ada didalam tubuh ibu menyusui bisa musnah dengan baik.

Dari menu sahur Ibu menyusui diatas, puasa ibu hamil akan berjalan dengan sangat lancar dan produksi ASI tetap selalu terproduksi. Sebagai tambahan nutrisi Anda juga bisa mengkonsumsi susu khusus ibu menyusui sehingga kebutuhan nutrisi bagi ibu dan bayi selalu terjaga.

Menu Sahur Bagi Ibu Menyusui | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5