Mengukur Suhu Tubuh Anak

Mengukur Suhu Tubuh AnakSuhu anak bisa diukur dari anus, telinga, mulut, atau ketiak. Bisa diukur dengan sebuah kaca atau termometer digital. Termometer mengandung merkuri tidak dianjurkan karena resiko pecah dan terpapar merkuri.

Suhu anus lebih tepat, dimana, lebih dekat ke suhu tubuh dalam sebenarnya pada anak. Untuk mengukur suhu anus, sebuah termometer dengan dilapisi jell petroleum sekitar tonjolan harus dimasukkan pelan-pelan sekitar ½ sampai 1 inci (sekitar 1 ¼ sampai 2 ½ cm) ke dalam anus anak pada saat anak tengkurap. Anak harus dijaga supaya diam. Termometer harus diletakkan di tempat untuk 2 sampai 3 menit sebelum diangkat dan diambil untuk dibaca.

Suhu telinga diukur dengan alat digital yang menghitung radiasi infra merah dan gendang telinga. Thermometer telinga tidak dapat dipercaya pada hayi yang usianya di bawah 3 bulan. Untuk mengukur suhu telinga, seseorang harus membuat tanda sekitar telinga terbuka dengan memeriksa termometer dan menekan tombol start. Angka digital menunjukkan suhu.

Suhu mulut diukur dengan meletakkan sebuah kaca atau thermometer digital di bawah lidah anak selama 2 sampai 3 menit. suhu mulut menghasilkan hasil yang dapat dipercaya tetapi sulit dilakukan pada anak yang lebih kecil, yang umumnya tidak dapat menjaga mulutnya tertutup rapat di sekitar thermometer untuk mendapatkan hasil yang tepat. Suhu ketiak diukur dengan meletakkan sebuah kaca atau thermometer digital pada ketiak anak selama 1 sampai 5 menit. suhu ketiak setidaknya sedikit akurat karena ketiak lebih dingin dibandingkan anus, telinga, atau mulut.

Sumber: Buku Menjadi Dokter Bagi Anak Anda

Oleh: Wahyu Rahayu Utaminingsih

Mengukur Suhu Tubuh Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5