Mengenal Jenis Lemak Baik Dalam Pertumbuhan Anak

Mengenal Jenis Lemak Baik Dalam Pertumbuhan AnakSahabat dokteranak.net, Ketika kita mendengar dan berbicara mengenai lemak maka yang timbul dalam pikiran kita biasanya lebih mengacu pada hal-hal yang buruk contohnya menjadi gemuk, sumber dari berbagai penyakit, dapat menyebabkan kolesterol yang berlebih dan lain sebagainya.

Akan tetapi ternyata ada banyak hal dari sisi baiknya dari lemak itu sendiri. Ternyata Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sama saja halnya ketika tubuh membutuhkan adanya zat protein dan karbohidrat dalam masa pertumbuhan.

Yang perlu anda ketahui adalah asupan lemak yang dikomsumsi sehingga dalam hal ini tidak merugikan kesehatan terutama kesehatan dan pertumbuhan pada anak. Mari kita sama-sama mengenal jenis Lemak yang baik untuk Anak.

Fungsi lemak untuk tubuh anak yaitu:

  1. Mendukung adanya perkembangan dan fungsi otak, artinya lemak baik dapat membuat anak menjadi pintar atau cerdas.
  2. Merupakan salah satu sumber energi yang sangat bermanfaat bagi anak dalam menjalani aktivitas sehari-hari sehingga mereka tidak gampang lelah.
  3. Lemak juga bisa membantu anak dalam peyerapan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Lemak dapat membuat anak menjadi rasa kenyang sehingga dalam hal ini mampu mengurangi kebiasaan ngemil pada anak.

Berikut ini jenis makanan sumber lemak baik yaitu:

  1. Lemak yang terdapat pada kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, dll yang merupakan sebagai sumber nutrisi yang kaya lemak tak jenuh.
  2. Buah Alpukat, lemak yang terkandung dalam buah alpukat ternyata mampu untuk menghambat dan menghilangkan adanya sel-sel kanker mulut.
  3. Jenis umbuhan laut seperti Alga dimana dimana kandungan lemaknya dapat mengurangi adanya resiko peyakit jantung pada anak
  4. Lemak yang terdapat dalam Mentega sangat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.
  5. Jenis Ikan laut yang kaya akan omega 3 sangat baik dalam pertumbuhan dan adanya perkembangan fungsi otak anak.

Mengenal Jenis Lemak Baik Dalam Pertumbuhan Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5