Mengatasi Terjadinya Gusi Berdarah pada Anak

Mengatasi Terjadinya Gusi Berdarah pada AnakMengalami gusi berdarah adalah salah satu problem pada kesehatan pada daerah mulut yang tidak jarang dialami oleh anak-anak. Darah yang keluar diakibatkan oleh munculnya peradangan yang menyebabkan pembuluh darah akan melebar.

Dengan gusi berdarah pada anak biasanya disertai benjolan dan rasa nyeri, kondisi ini sering mengakibatkan anak menjadi susah untuk makan.

Akibat Gusi Berdarah

Apa sih sebenarnya yang mengakibatkan gusi berdarah pada anak? Banyak gejala yang bisa memicu terjadinya masalah ini. Tapi penyebab yang paling utama gusi berdarah pada anak itu adalah dengan adanya masalah kebersihan gigi dan mulut yang kurang diperhatikan.

Dengan menempelnya berbagai sisa-sisa makanan di gusi akan mengotori dan mengakibatkan masalah ini, kemudian sisa makanan yang melekat di gigi akan membentuk suatu plak yang lama kelamaan juga akan menjadi pemicu gusi akn berdarah. Selain faktor kebersihan faktor lain yang juga akan mengakibatkan masalah ini adalah faktor hormonal dalam diri anak.

Langkah Pencegahan

Dengan kita sudah mengetahui apa akibat dari gusi berdarah, kini Anda bisa melakukan upaya pencegahan agar anak menjauh dari masalah kesehatan gusi ini. Cara yang terbaik dalam menjauhkan anak dari gusi berdarah adalah dengan selalu membiasakan menjaga kebersihat gigi dan mulut setiap harinya.

Sebaiknya ajarkan selalu kepada si kecil untuk rutin dalam menyikat gigi setiap kali ia selesai makan dan sebelum tidur. Dan ajarkan pula bagaimana cara menyikat gigi yang benar sehingga gigi dan mulutnya akan benar-benar sudah bersih.

Mengatasi Terjadinya Gusi Berdarah pada Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5