Mengatasi Sakit Flu Pada Anak


Mengatasi Flu pada AnakJika anak anda terserang flu harus segera diobati, karena jika flu tersebut berkepanjangan bisa mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan yang lebih halus atau dikenal sebagai bronkhiolitis, yakni radang di saluran pernafasan halus di paru-paru.

Belakangan ini cuaca tidak menentu,siang hari yang terasa sangat terik akan berubah mendung disore hari dan kemudian berubah menjadi mendung lalu berlanjut dengan hujan lebat,sejak malam hingga pagi menjelang.Kondisi ini membuat daya tahan tubuh kita menurun,akibatnya penyakit akan mudah datang dan salah satu yang kerap dialami adalah Flu.

Penyebab bronkhiolitis biasanya terjadi karena infeksi virus. Antara lain adenovirus, RSV (Respitory Syncytial Virus) dan parainfluenza. Mereka yang banyak terkena bronkhiolitis ini adalah anak-anak usia dibawah tahun (paling banyak usia 3-6 bulan).

jadi,perlu perhatian khusus.Diantara mereka ada anak-anak,Flu pada anak-anak sepertinya hal yang umum terjadi.
dan tindakan yang haeus kita lakukan adalah mencegah dan menanganinya,yaitu sebagai berikut:

Pencegahan:

1.Sering cuci tangan
2.Hindari kontak erat dengan penderita flu
3.Jaga kebersihan rumah seperti di kamar mandi, dapur, dsb.

Tatalaksana:

1.Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.

2.Supaya ”ingus” tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung. Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek samping. Menghirup uap air panas juga banyak membantu saat mengalami colds & flu.

3.Apabila pada malam hari tiak dapat tidur karena hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung (Breathy).

4. Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan berAC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi air mendidih setelah anak tidur.

5. Paracetamol – bila bayi/anak uncomfortable atau high fever (>38.5)

6. Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yg mengenai hidung, anak juga akan ”meler” tetapi anak tidak demam, tetap aktif bermain. Bukan berarti juga anak menderita infeksi virus flu.

Kapan menghubungi dokter?

1.Persistent cough, fever > 72 hours
2.Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru
3.Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)



CARI ARTIKEL YANG ANDA PERLUKAN DI SINI:

Loading
  • fachri

    bayi mengalami hidung tersumbat seperti mendengkur… apa? penyebabnya…..

  • fachri

    bayi mengalami hidung tersumbat seperti mendengkur… apa? penyebabnya…..

Kategori Kesehatan Anak :: Kata Kunci: , , , , jurnal peran perawat dalam promosi kesehatan 2 Comments