Mencegah Obesitas Pada Anak

Mencegah Obesitas Pada AnakSudah sejak dulu, banyak orang yang beranggapan bahwa bayi yang gemuk itu sehat dan lucu, sehingga sang orang tua susah payan untuk mengurusnya serta mengaush dan memberikan asupan gizi yang terbaik untuk anakknya.

Maka dari itu janganlah terjebak mitos bahwa bayi yang gemuk itu adalah bayi yang sehat. Jika anda salah menafsirkan, bisa jadi anda malah memberikan nutrisi yang berlebihan pada sang buah hati anda yang dapat menimbulkan obesiatas.

Obesitas adalah suatu kondisi dimana berat badan seseorang menjadi berlebih karena adanya penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

Obesitas ini sangat mungkin terjadi pada anak. Sebaiknya anda janganlah lengha dan bersikap permisif dengan alasan mumpung anak anda masih kecil.

Padahal kelebihan beat badan atau obesiata pada usia dini memiliki kecenderungan untuk terus berlanjut hingga sang buah hati anda tumbuh dewasa. Semakin besar, semakin sulit untuk mengatasi obesitas ini, jadi agar sang buah hati anda terhidar dari obesiatas, marilah kita kenali beberapa penyebab dan cara mencegahnya.

Hal yang menjadi penyebab munculnya obesiatas pada sang buah hati anda adalah faktor genetik, penyebab obesitas melalui factor genetic ini adalah menjadi faktor yang sulit untuk dihindari. Jadi jika anda adalah orang tua yang memiliki berat badan yang berlebih bisa jadi itulah penyebab anak obesiatas.

Junk food ataupun makanan cepat saji serta makanan ringan, atau snack kemasan ini adalah salah satu penyebab munculnya obesitas pada anak. Dimana anak anak lebih suka mengkonsumsi manan cepat saji dan yang paling sulit untuk dihindari adalah kebiasaan memakan makanan ringan dalam kemasan.

Saat ini makin banyak tersedia makanan dan cemilan utnuk anak-anak, dan sebaiknya anda sebagai orang tua mengutamakan factor kesehatan sang buah hati dalam memilih jenis makanan.

Jangan berlebihan dalam memberikan makanan yang kadar karbohidrat dan lemaknya tinggi seperti memberikan, pemen dan coklat, minuman yang mengandung banyak gula, mananan cepat saji, kue yang mengandung gula dan coklat, keju dan kacang-kacangan dan lain lain.

Hal ini dilakukan bukan berarti sang buah hati tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, jika dalam porsi dan frekuensi yang tidak berlebihan anda boleh membeikan makanan tersebut kepada buah hati anda.

Bahaya Obesitas Pada Balita

Berikut ini adalah beberapa bahaya obesitas atau kelebihan berat badan pada bayi maupun balita:

  • Adanya gangguan pertumbuhan pada tulang
  • Lambann dalam bergerak atau kurang gesit
  • Kemungkinan terjadinya nafas pendek, hal ini terjadi karena adanya pembesaran kelenjar toksil atau yang disebut amandel dan adenoid. Hal ini yang mengakibatkan terjadinya kekurangan oksigen karena saluran nafas atas akan tertutup
  • Akan memicu terjadinya diabetes dan tekanan darah tinggi apabila kelebihan berat badannya terus berlansung hingga dewasa
  • Mengalamai masa puberitas lebih cepat.

Mencegah Obesitas Pada Anak

Pola makan yang seimbang memang kunci terpenting bagai kesehatan sang buah hati anda. Dengan makan yang terartur disertai nutrisi lengkap, maka buah hati anda akan memiliki tubuh yang ideal yang mendukung tumbuh kembangnya.

Berikut ini adalah beberapat tips yang bisa Anda ikuti:

  • Ukuran porsi makan sekitar ΒΌ dari porsi makan orang dewasa
  • Biasakan minum jus yang terbuat dari 100% buah asli tidak lebih dari 180 ml perhari
  • Selalu berikan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan seratnya
  • Susun jadwal makan yang terartur ( 3x makan besar dan 2x makan selingan).
  • Berikan jadwal istirahat yang cukup, karena hal ini berperan untuk mencegah obesitas pada anak.
  • Biasakan anak aktif dalam bergerak maupun main bersama teman-temannya.
  • Batasi waktu anak di depan tv atau main game karena cenderung membuat sang ana malas untuk bergerak.
  • Saat sang buah hati berusia 1-5 tahun sangat disarankan untuk melakukan aktivitas selama totoal 3 jam setiap harinya. Bisa dengan berjalan pagi, main bola, petak umpet dan permainan lainnya yang berupa aktivitas, namun jangan sampai ia terlalu lelah.
  • Lakukanlah aktivitas fisik tersebut bersama sang buah hati anda.

Nah itulah beberapa tips mengatasi obesitas yang bisa terjadi pada sang buah hati anda. Lakukanlah aktivitas sesering mungking agar mengurangi resiko obesitas sejak dini. Semoga bermanfaat.

Mencegah Obesitas Pada Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5