Loading...

Menambal Gigi Susu yang Lubang Pada Anak

 

Apakah gigi susu yang lobang pada anak bisa untuk ditambal? Bila ternyata ada lubang pada gigi susu anak, maka sebaiknya gigi itu harus ditambal.

Adapun prosedur dan cara penambalan serta apa jenis bahan yang akan digunakan untuk menambal gigi anak itu tergantung dari keadaan gigi tersebut.

Loading...

Jika lubangnya terlalu besar, Maka penambalan yang akan dilakukan dengan memakai jenis bahan yang sama warnanya pada gigi.

Untuk lubang yang besar dan lubangnya sudah mencapai saraf gigi, serta adanya rasa sakit atau pembengkakan pada gusi, maka dokter gigi akan melakukan perawatan saraf gigi terlebih dahulu baru kemudian melakukan penambalan.

Jika gigi susu yang berlubang masih bisa ditambal dan diobati, maka pertahankanlah gigi tersebut dan jangan langsung mencabutnya. Karena, gigi susu anak mempunyai sejumlah peran yang sangat penting untuk setiap tahapan dalam perkembangannya, seperti adanya kemampuan untuk mengunyah, perkembangan bicara pada anak, dan dapat menyediakan ruang yang baik dalam pertumbuhan gigi tetap sebagai pengganti gigi tersebut dimasa mendatang.


Menambal Gigi Susu yang Lubang Pada Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5