Konsumsi 6 Vitamin & Mineral untuk Anak

Konsumsi 6 Vitamin & Mineral untuk Anak Vitamin dan mineral adalah nutrien yang sangat penting dalam membangun suatu pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja kegunaannya? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan, memperbaiki jaringan dan tulang, serta kesehatan pada kulit, mata, dan respon imun. Vitamin ini berasal dari susu, keju, telur, sayuran berwarna kuning dan oranye seperti wortel.

2. Yang termasuk dalam vitamin B adalah B2, B3, B6, dan B12, agar membantu metabolisme, produksi energi, dan sistem pembuluh darah serta saraf yang sehat. Vitamin ini bersumber dari daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju.

3. Dalam vitamin C akan mendukung kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit. Sumber yang baik termasuk buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan sayur-sayuran tomat dan brokoli.

4. Untuk Vitamin D sangat berguna dalam membentuk tulang dan gigi serta membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Sumber yang baik adalah susu dan produk susu lain yang sudah difortifikasi dan minyak ikan. Tetapi, sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari.

5. Kalsium sangat membantu dalam membentuk tulang yang kuat. Sumbernya antara lain susu, keju, yogurt, tahu, dan jus jeruk yang sudah difortifikasi.

6. Besi akan membantu dalam membangun otot dan penting dalam pembentukan sel darah merah. Defisiensi atau kekurangan besi bisa terjadi pada anak yang baru awal mendapatkan makanan tambahan serta pada remaja (masa pertumbuhan cepat), terutama pada anak remaja perempuan yang mulai mengalami menstruasi. Sumber yang baik termasuk daging merah dan bayam.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tersebut dengan memberikan diet yang seimbang dan bervariasi untuk anak Anda. Sebaiknya perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan beraneka warna. Selain itu, perhatikan kandungan nutrien pada label makanan dan minuman yang Anda beli.

Konsumsi 6 Vitamin & Mineral untuk Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5