Kembangkan Hobi Si Kecil

Kembangkan Hobi Si KecilKebanyakan orangtua tidak merasa kesulitan jika ditanya tentang hobi sang buah hati yang masih kecil.

Pasalnya, hampir setiap aktivitas yang dilakukan si kecil tetap terpantau, walaupun tidak sedikit ibu rumah tangga yang menggunakan jasa babysitter.

Selain sebagai awal dari sebuah prestasi, hobi merupakan stimulasi yang baik bagi petumbuhan dan kecerdasan anak.

Oleh karena itu, mendampingi tumbuh kembang anak tidak cukup dengan melihat hobi dan kebiasaannya, melainkan turut mamantau, mengarahkan, dan memberikan sarana yang tepat.

Hobi juga merupakan gambaran awal dari bakat seseorang. Hobi yang harus dipupuk dan diarahkan dapat memacu sang buah hati memiliki kreativitas tinggi, kritis dan ulet, serta mempunyai penalaran yang tajam dan inspiratif.

Minat si kecil bisa timbul dari beberapa sumber, diantaranya dari keluarga atau orang tua. Penyanyi penyanyi cilik, lucu dan berbakat yang sering tampil di layar kaca,jika ditelusuri ternyata tidak sedikit yang lahir dari keluarga penyanyi atau musikus. Kebiasaan melihat aktivitas orang tuanya dapat memicu sang buah hati untuk menirunya.

Nah, setelah anda mengetahui bahwa hobi si kecil sama dengan anda, tak ada salahnya melengkapi sarana dan memberikan ketrampilan yang memadai agar hobinya tersebut tersalurkan. Memasukkannya ke sekolah atau kursus musik misalnya dapat memicu anak yang hobinya menyanyi dan bermain musik lebih berprestasi.

Selain lahir dari warisan orantua, hobi dapat tercipta berkat perencanaan dan ketekunan orangtua. Minat sang buah hati dapat dibentuk antara lain dengan mengajarkan ketrampilan atau kegiatan yang hendak ditanamkan.

Melatih dan memasukkan si kecil ke klub oranraga bulutangkis misalanya, dapat melahrikan hobi bulutangkis yang nantinya dapat menjadi atlet berprestasi yang mengharumkan nama bangsa di dunia olahraga.

Pilihlah tempat-tempat kursus atau klub orahraga yang baik dan nyaman bagi se kecil untuk berlatih. Cermati terus perkembangan yang di dapat dari waktu ke waktu untuk melihat kecederungan minat si kecil. Walaupun hobi dapat menjadi prestasi , hindari memaksakan hobi tertentu pada anak bila memang dirinya tidak memiliki minat dan kemaouan di bidang tersebut.

Selain itu, dibalik kelucucan dan kelincahan si kecil dalam beraktivitas, terkadang menyimpan hobi yang tak terduga. Tindakan yang secara tiba-tiba dilakukan anak, seperti mengambil kertas dan mencoretnya hingga penuh, bisa saja dilakukan sebagi perwujudan inspirasinya.

Biarkan dia berkreasi dan berikan sarana yang lebih memadai, seperti kertas gambar dan pencil warna agar sang buah hati semakin kreatif. Tak menutup kemungkinan, di balik hobi mencoret-coret tersimpat bakat melukis yang luar biasa. Pantau dan arahkan terus hobi buah hati anda.

Kembangkan Hobi Si Kecil | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5