Loading...

Kelainan Hidrokel Testis Pada Bayi

Penyebab adanya hidrokel pada bayi yang baru lahir disebabkan karena  saluran tempat turunnya testis dari rongga perut ke dalam skrotum  masih terbuka, padahal dalam hal ini seharusnya sudah tertutup sebelum bayi terlahir.

Akibatnya yaitu cairan selaput rongga perut dapat mengalir melalui saluran  tersebut dan akan  terjerat di dalam skrotum yang dapat mengakibatkan skrotum membengkak. Hidrokel bisa saja terjadi pada salah satu atau bahkan kedua skrotum.

Hidrokel testis yang dapat membuat testis tertekan akan dapat mengganggu fungsi testis. Kondisi ini dapat memengaruhi adanya kesuburan  yang kurang baik pada anak yang bersangkutan di kemudian hari nanti.

Apakah ini Penyakit yang berbahaya? Jawabannya sudah pasti ini sangat berbahaya.

Loading...

Bila penyakit ini tidak ditangani dengan baik, maka kondisi ini dapat mengakibatkan adanya pengecilan testis. Hidrokel juga dapat membuat bayi merasa tidak nyaman atau akativitas dalam hidup mereka akan terganggu karena adanya rasa sakit yang dapat ditimbulkan.

Hal yang Perlu diperhatikan

  • Tunggu hingga anak tersebut sudah mencapai usia 1 tahun dengan adanya harapan lubang yang ada akan menutup secara sendirinya.
  • Pertimbangkan dan konsultasikan penyakit tersebut dengan dokter anak untuk mengambil suatu tindakan pembedahan bila hidrokel tersebut masih saja ada setelah bayi sudah berusia 12–18 bulan.atau  berukuran cukup besar sehingga mudah mengalami trauma.

Kelainan Hidrokel Testis Pada Bayi | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5