Kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Menyusui

Masa-masa menyusui adalah periode yang sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan si buah hati tercinta.

Selama proses menyusui, sang Ibu mesti lebih fokus untuk memastikan produksi ASI tetap melimpah sesuai dengan kebutuhan bayinya.

Nah, berikut ini adalah kebutuhan nutrisi yang direkomendasikan agar ibu menyusui dapat memproduksi ASI yang cukup berkualitas untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Air dan cairan: Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari. Jus buah 100% dan susu rendah lemak adalah beberapa cairan sehat untuk ibu menyusui.

Sedangkan minuman yang harus dihindari ibu menyusii adalah jus, soda dan minuman buah yang tinggi kalori dan gula.

Kalori: asupan kalori Seorang ibu harus meningkat menjadi sekitar 2.800 kalori per hari terutama jika rencananya adalah untuk menyusui selama lebih dari tiga bulan. Makanan sehat yang direkomendasikan dan peningkatan makanan tinggi protein juga dapat membantu.

Vitamin B9 (asam folat): Asam folat adalah suplemen sangat dianjurkan dalam vitamin prenatal diambil selama kehamilan dan juga penting bagi ibu menyusui. Gandum, jus jeruk, asparagus, kubis, bayam, jagung dan kacang polong adalah makanan yang diperkaya dengan asam folat

Zinc: Kebanyakan wanita menyusui kekurangan Zinc. Makanan yang kaya Zinc termasuk telur, gandum, tepung dan daging

Kalsium: Karena tingginya jumlah kalsium yang dibutuhkan per hari, ibu menyusui harus mengkonsumsi suplemen kalsium harian. Beberapa makanan yang kaya kalsium adalah sayuran mentah, produk susu, hazelnut dan almond

Vitamin A: Beberapa sumber besar Vitamin A adalah mentega, ikan, daging, wortel dan sayuran dan jika dimakan dalam jumlah yang memadai dapat menyebabkan ibu menyusui sehat.

Kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Menyusui | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5