Loading...

Jenis Obat yang Mempengaruhi Sikap Anak Hiperaktif

Ada sejumlah jenis obat yang dapat mempengaruhi sikap khususnya pada anak hiperaktif diduga bisa menunda masa pubertas laki-laki. Selain produksi hormon terhambat, ukuran testis juga menjadi lebih kecil dibanding teman-teman sebayanya.
Dugaan tersebut memang belum dibuktikan pada manusia, namun hasil positif terungkap dalam uji coba terhadap beberapa spesies binatang. Salah satunya pada kera yang diberi Methylphenidate HCl, salah satu obat untuk mengatasi Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Kera jantan yang diberi obat ini secara rutin menampakkan perbedaan fisik pada sistem reproduksinya, yakni memiliki testis lebih kecil saat memasuki usia 5 tahun.

Pada kera, usia tersebut bisa disetarakan dengan masa-masa pubertas pada manusia. Perbedaan fisik pada ukuran testis menunjukkan kemungkinan yang sangat besar bahwa produksi hormon juga berbeda. Temuan ini sangat tidak diharapkan. Meski baru penelitian awal, orangtua yang akan memberikan obat ini pada anaknya harus mengkonsultasikannya dulu dengan dokter anak. Meskipun perkembangan sistem reproduksi terhambat, efek samping obat yang juga dipasarkan dengan merek dagang Ritalin ini tidak bersifat permanen. Artinya pada laki-laki, pubertas hanya tertunda dan bukan berarti tidak pernah mengalami pubertas sama sekali.

Loading...

Jenis Obat yang Mempengaruhi Sikap Anak Hiperaktif | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5