Jenis jajanan Anak yang Tidak Baik Dikonsumsi


Hampir semua Si kecil gemar sekali jajan, dengan berbagai macam jenis jajanan yang dijajakan di pinggir jalan seringkali menggugah seleranya. Padahal jajanan tersebut tidak baik bila dikonsumsi di masa tumbuh kembang buah hati Bunda. Tidak dapat dipungkiri berbagai macam jajanan tersebut bisa saja mengandung zat-zat yang tidak baik bagi kesehatannya.

Beberapa zat-zat yang terkandung di beberapa jenis jajanan anak yang tidak baik bila dikonsumsi antara lain :

1. Rhodamin B

yakni zat pewarna sintetik yang biasanya digunakan untuk tekstil kerapkali ditemui pada jajanan anak. Warna-warna yang cantik pada makanan seringkali menarik minat si kecil untuk mencobanya. Untuk itu tanamkan pada si kecil untuk tidak tergiur dengan jajanan yang warnanya mencolok.

2. Pemanis Buatan.

Biasanya pemanis buatan hanya digunakan pada pangan rendah kalori dan pangan tanpa penambahan gula, namun kenyatannya banyak ditemukan pada beberapa produk permen, jelly dan minuman.

3. Pengawet

Zat ini biasanya ditambahkan pada makanan untuk menghambat pembusukaan makanan. Contohnya formalin, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Atau Boraks yang dapat mengakibatkan mual, muntah, diare, kerusakan ginjal, serta gangguan pada otak dan hati.



CARI ARTIKEL YANG ANDA PERLUKAN DI SINI:

Loading

Kategori Kesehatan Anak, Makanan Anak, Umum :: Kata Kunci: , , , 0 Comments