Jauhkan Makanan Ini Dari Si Kecil

Jauhkan Makanan Ini Dari Si Kecil

Jauhkan Makanan Ini Dari Si Kecil

DOKTERANAK.NET – Semakin bertambahnya usia si kecil, maka rasa tertariknya untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman bertambah. Memang Anda akan merasa senang jika melihat si kecil lahap mengkonsumsi makanan yang diberikan. Namun, tidak selamanya itu berlaku. Karena ada beberapa jenis makanan yang tidak harus dikonsumsi si kecil.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini;

Usia 4 Sampai 6 Bulan

Semua jenis makanan dan minuman sebaiknya ada jauhkan dari si kecil. Karena di usia ini, si kecil hanya membutuhkan ASI atau susu formula khusus bayi.

Usia 4 Sampai 12 Bulan

Jenis makanan dan minuman seperti susu sapi, madu, dan susu kedelai, sebaiknya jangan dulu. Hal ini disebabkan kandungan Clostridium botulinum pada madu sangat berbahaya bagi si kecil. Karena saluran ususnya masih dalam pertumbuhan.

Di usia 1 tahun ke bawah, si kecil belum dapat mencerna protein susu sapi dan susu kedelai. Karena beberapa kandungannya bisa merusak ginjal si kecil.

Jangan Memberikan Makanan yang Bisa Membuat Si Kecil Tersedak

Anda harus perhatikan saat memberikan makanan untuk si kecil. Jika makanan tersebut besar, sebaiknya dipotong kecil-kecil saja untuk mencegah terjadinya tersendak. Hal ini berlaku untuk semua jenis makanan dan minuman.

Jauhkan Makanan Ini Dari Si Kecil | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5