Hindari Kesehatan Balita dari Kegemukan

Hindari Kesehatan Balita dari KegemukanPada umumnya semua ibu tidak menginginkan jika anaknya kegemukan, sebab si kecil yang terlalu gemuk biasanya akan memperoleh obesitas seiring dengan bertambahnya umur. Sebaiknya menjaga kesehatan si kecil dari terjadinya kegemukan dengan melakukan pencegahan-pencegahan berikut:

Amati Kenaikan Berat Badan Anda Selama Masa Hamil

Terjadinya kenaikan berat badan Anda ketika masih hamil, maka akan semakin besar peluang untuk berat badan si kecil ketika ia dilahirkan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan memperoleh kenaikan berat badan selama masa kelahiran sama halnya dengan risiko terjadinya obesitas pada si kecil.

Namun jangan sampai hal tersebut akan membuat Anda merasa takut makan ketika hamil. Anda harus selalu tetap menjaga asupan gizi Anda, namun secukupnya saja.

Berikan ASI Selama Mungkin

Dengan pemberian ASI biasanya mengurangi risiko terjadinya obesitas pada anak. Penelitian telah mengatakan bahwa si kecil yang diberikan ASI lebih mudah mengendalikan nafsu makannya dibandingkan dengan si kecil yang minum susu formula.

Jangan berikan jus pada bayi di bawah umur 6 bulan

Cukup hanya berikan jus pada si kecil jika ia mengalami konstipasi. Jika umur si kecil sudah diketahui di atas 6 bulan, berikan dia jus secukupnya saja. Berikan di gelas kecilnya, dan jangan memakai gelas besar. Ukuran yang disarankan per hari adalah 118 mililiter.

Coba Berbagai Macam Cara untuk Menenangkan Balita

Saat anak Anda menangis, jangan langsung memberikan susu formula atau ASI. Sebaiknya diamkan dengan menggunakan teknik-teknik lain terlebih dahulu. Jika dia memang lapar, baru Anda berikan ASI atau susu formula.

Ingat, jangan lupa untuk selalu periksa berat badan si kecil secara rutin.

Hindari Kesehatan Balita dari Kegemukan | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5