Loading...

Hati-hati Memberi Makan Bayi Sebelum Usia 6 Bulan

Hati-hati Memberi Makan Bayi Sebelum Usia 6 BulanMemilih waktu yang tepat untuk bayi dalam memberikan makanan selain ASI sangat penting karena dengan pemilihan waktu yang tidak tepat dapat mengakibatkan timbulnya berbagai masalah pada tahap tumbuh kembang seorang bayi.

Di jaman dahulu sebagian bayi sudah diberikan berupa makanan tambahan di usia 4 bulan bahkan lebih muda dari itu, pada umumnya bayi diberi makanan pisang yang dihaluskan, pemberian makanan ini bertujuan agar bayi tidak lapar. Bayi yang sering menangis dan rewel seringkali dianggap lapar dan sudah memerlukan makanan lain selain ASI. Anggapan ini sama sekali tidak benar.

Dengan memberikan makanan pada bayi yang usia dibawah 6 bulan dapat menyebabkan :

Loading...

1. Pemberian makanan sebelum saluran pencernaan siap untuk mencerna bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah seperti perut kembung, susah BAB dan terjadinya gangguan pencernaan lainnya.
2 . Bisa memicu diabetes
3 . Mengakibatkan bayi obesitas sebab beberapa enzim pemecah protein baru diproduksi sempurna jika sudah masuk usia 6 bulan.
4. Dampak muncul alergi sebab usus belum mampu menerima makanan
5. Rawan sakit yang diakibatkan oleh kuman sebab daya tahan tubuh bayi belum sempurna.

Saat bayi dibawah usia 6 bulan terlihat masih lapar setelah meminum ASI atau susu furmula sebaiknya Anda jangan buru-buru diberi makanan tambahan namun yang Anda lakukan adalah berkonsultasilah dengan dokter anak. Mungkin dengan rewelnya bukan diakibatkan oleh lapar namun lebih pada tingkah laku atau masalah medis.

Hati-hati Memberi Makan Bayi Sebelum Usia 6 Bulan | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5