Grafik Pertumbuhan Anak

Grafil Pertumbuhan AnakLihatlah gambar apapun kelas, dan Anda akan melihat anak-anak pada usia yang sama dalam segala bentuk dan ukuran. Beberapa anak terlihat kecil di samping rekan-rekan mereka, sementara yang lain harfiah berdiri kepala dan bahu di atas teman sekelas mereka.

Semudah itu adalah untuk membuat perbandingan dan untuk menarik kesimpulan tentang apa yang Anda lihat, kenyataannya adalah bahwa anak-anak tumbuh dengan langkah mereka sendiri. Besar, kecil, tinggi, pendek – ada berbagai macam bentuk dan ukuran yang sehat antara anak-anak.

Genetika, jenis kelamin, nutrisi, aktivitas fisik, masalah kesehatan, lingkungan, hormon, dan faktor-faktor gaya hidup seperti nutrisi dan aktivitas fisik semua pengaruh ketinggian anak dan berat badan. Dan banyak faktor-faktor ini dapat bervariasi secara luas dari keluarga untuk keluarga.

Jadi bagaimana dokter mengetahui apakah ketinggian anak dan pengukuran berat yang “normal”? Apakah dia sedang mengembangkan lagu? Apakah kesehatan ada masalah yang mempengaruhi pertumbuhan?

Seorang dokter menggunakan grafik pertumbuhan untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan. Berikut adalah beberapa fakta tentang grafik pertumbuhan dan apa yang mereka katakan tentang kesehatan anak.
Mengapa Dokter Gunakan Grafik Pertumbuhan?

grafik pertumbuhan adalah bagian standar dari pemeriksaan apapun, dan mereka menunjukkan penyedia layanan kesehatan bagaimana anak-anak tumbuh dibandingkan dengan anak-anak lain pada usia yang sama dan jenis kelamin. Mereka juga memungkinkan para dokter dan perawat untuk melihat pola tinggi anak-anak dan berat badan dari waktu ke waktu, dan apakah mereka sedang mengembangkan secara proporsional.

Katakanlah seorang anak yang tumbuh di sepanjang pola yang sama sampai dia berusia 2 tahun, lalu tiba-tiba mulai tumbuh pada tingkat yang jauh lebih lambat dibandingkan anak-anak lain. Yang mungkin mengindikasikan masalah kesehatan. Dokter bisa melihat bahwa dengan melihat grafik pertumbuhan.
Jika Chart Pertumbuhan Menampilkan Pola yang berbeda-beda, Apakah Ada Masalah yang?

Belum tentu. Dokter akan menginterpretasikan grafik pertumbuhan dalam konteks lingkungan secara keseluruhan anak kesejahteraan,, dan latar belakang genetik. Apakah pertemuan anak tahap perkembangan lain? Apakah ada tanda-tanda lain bahwa seorang anak tidak sehat? Bagaimana tinggi atau berat adalah orang tua anak dan saudara? Apakah anak lahir prematur? Apakah anak mulai pubertas lebih awal atau lebih dari rata-rata? Ini semua adalah faktor yang dokter akan gunakan untuk membantu memahami angka pada grafik pertumbuhan.

Grafik Pertumbuhan Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5