Loading...

Gangguan Tidur Saat Bayi Berlanjut Hingga Balita

Gangguan Tidur Saat Bayi Berlanjut Hingga Balita

Gangguan Tidur Saat Bayi Berlanjut Hingga Balita

DOKTERANAK.NET – Sebaiknya Anda jangan menganggap sepele tentang gangguan tidur pada bayi. Pada umumnya orang tua menganggap masalah ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang susah tidur akan mengalami hal yang sama saat mereka balita.

Dilansir dari Cincinnati Children’s Hospital Medical Center di Ohio menyatakan bahwa 1 dari 10 anak berusia 1 hingga 2 tahun mempunyai masalah tidur seperti selalu terbangun, mimpi buruk, sulit tidur, atau tidak nyaman tidur di kamar sendiri.

Loading...

Beberapa peneliti mengatakan bahwa gangguan tidur lebih bertahan beberapa tahun kemudian. Bagi anak-anak di usia awal mereka yang tidak bisa mengatasi masalah tidur, dan data mereka menunjukkan ini cukup jelas.

Peneliti ini mensurvei anak-anak sekitar 250 ibu tentang gangguan tidur pada anak. Survei tersebut dilakukan saat anak-anak menginjak usia 6, 12, 24, hingga 36 bulan. Hasilnya, bagi bayi yang berkembang tanpa mengalami gangguan tidur, cenderung mereka akan terhindar dari masalah tidur saat balita. Namun 21 hingga 35 dari 100 anak-anak yang mengalami gangguan tidur selalu mempunyai gangguan tidur di kemudian hari.

Bahkan, Kelly Byars, ahli psikologis anak menjelaskan bahwa gangguan tidur bisa berakibat pada suasana hati, perhatian, belajar, dan tumbuh kembang anak. Namun menurut Lisa Meltzer ahli spesialis anak yang mengalami gangguan tidur, orang tua harus bisa mengatur jadwal tidur dan waktu bangun dengan konsisten. Hal ini dijelaskan karena penelitian menunjukkan hasil bahwa tidur yang berkualitas sangat penting.

Gangguan Tidur Saat Bayi Berlanjut Hingga Balita | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5