Dampak Negatif Saat Menyusui Balita Hingga Tertidur

Dampak Negatif Saat Menyusui Balita Hingga Tertidur

Dampak Negatif Saat Menyusui Balita Hingga Tertidur

DOKTERANAK.NET – Ingin menidurkan si kecil sambil menyusuinya memang sering dilakukan oleh ibu-ibu. Cara ini sangat ampuh untuk bayi yang rewel ketika ingin ditidurkan. Namun, apakah tersebut tidak menimbulkan dampak negatif pada si kecil?

Menidurkan si kecil sambil menyusuinya hingga Anda tertidur juga adalah hal yang wajar. Alasan lain ibu-ibu adalah untuk mendapatkan momen kebersamaan dengan anaknya. Melihat dia hingga memejamkan matanya merupakan momen terindah yang dirasakan ibu.

Namun, dilansir dari beberapa sumber bahwa menyusui hingga si kecil tertidur boleh-boleh saja. Karena hal yang harus dilakukan si kecil di usianya yang dini adalah tidur. Ini bukan hal yang mudah untuk hanya menyusuinya pada saat dia terjaga saja.

Tapi, beberapa ahli lainnya beranggapan bahwa hal ini masih boleh saja dilakukan jika usianya 6 bulan ke bawah. Namun, ketika sudah beranjak dewasa hal ini bisa menjadi masalah. Salah satunya adalah si kecil akan sulit mengubah kebiasaan ini jika mereka nanti sudah besar.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak melakukan kebiasaan ini saat si kecil sudah tumbuh. Ajarkan si kecil tidur tanpa harus disusui. Jika Anda membiarkan sampai usia 1 tahun justru merepotkan Anda sendiri.

Dampak Negatif Saat Menyusui Balita Hingga Tertidur | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5