Cara Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Bayi yang Baru LahirBayi yang baru lahir akan mempunyai kulit yang masih sangat tipis dan lebih sensitif, sehingga sangat rentan terhadap berbagai macam untuk mendapatkan masalah. Banyak hal bagi kulit orang dewasa mungkin bukan merupakan suatu masalah, namun bagi bayi bisa menjadi suatu ancaman.

Contohnya saja dengan menggunakan zat pengharum dan pelembut yang terdapat dalam sabun maupun deterjen. Dari kedua zat ini bagi kulit bayi yang baru lahir bisa menjadi pemicu timbulnya iritasi pada kulit.

Oleh karena itu, harus dilakukan berbagai perawatan khusus mengenai kulit bayi yang baru lahir agar selalu tetap sehat dan menjauh dari timbulnya berbagai macam masalah. Bagaimana caranya? Tentu Anda tidak boleh melakukan cara yang sembarangan. Jika ingin merawat kulit bayi yang baru lahir diperlukan tips dan trik khusus, yaitu:

Panduan Merawat Kulit Bayi Baru Lahir Secara Aman

Pakailah perlengkapan mandi kusus untuk bayi yang sudah terbukti aman bagi kulitnya. Untuk penggunaan sabun dan sampo bayi ada baiknya Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk menentukan produk yang tepat.

Pasalnya diketahui berbagai zat kimia yang diperoleh dalam sabun dan sampo sangat berpotensi menjadi akibat dari masalah pada kulit bayi. Bahkan beberapa dokter telah menganjurkan untuk tidak terburu-buru dalam memberikan produk-produk yang telah berbahan kimia di minggu-minggu pertama bayi baru dilahirkan.

Pastikan Anda dalam mencuci pakaian bayi harus secara bersih sebelum mengenakannya. Untuk mencuci pakaian bayi, pastikan Anda memakai deterjen kusus pakaian bayi yang lebih lembut, tanpa rasa pewangi dan pewarna kimia. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa pakaian yang Anda cuci sudah terbilas sempurna, dan terbebas dari residu deterjen yang akan membahayakan.

Cara Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5