Loading...

Cara Merawat Gigi Anak

Kesehatan gigi bayi sangat penting untuk kesehatan permanen giginya kelak. Mungkin gigi bayi ibu sudah mulai nongol beberapa. Itu berarti kini saatnya untuk mulai merawatnya. Meski gigi ini akan tanggal suatu hari nanti, namun kesehatannya tetap penting untuk gusi dan gigi permanennya kelak. Jadi pastikan gigi buah hati mendapatkan perawatan tepat dengan beberapa tips praktis berikut ini.

1. Mari kita mulai dengan gusinya

Bersihkan mulut bayi ibu secara teratur bahkan sebelum ada gigi yang tumbuh. Seka gusinya setelah si kecil selesai minum dengan menggunakan kain lembut yang dicelup ke air hangat atau kain tipis yang dibalutkan ke jari ibu. Ibu juga bisa membeli alat pembersih khusus untuk menghilangkan sisa makanan.

Loading...

2. Segera rawat begitu gigi tumbuh

Beberapa orang tua berpikir bahwa gigi susu tidaklah penting karena toh akan diganti oleh yang permanen. Padahal sebenarnya gigi pertama ini adalah ‘pembuka jalan’ bagi gigi permanen. Gigi tersebut juga yang membantu anak mengunyah dan berbicara.

3. Periksa kalau-kalau ada lubang

Tanda awal adanya lubang pada gigi bayi biasanya adalah timbulnya perubahan warna. Hindari menidurkan anak di atas ranjang dengan botol susu atau jus, sebab cara ini akan ‘merendam’ gigi buah hati ke dalam cairan gula dan asam. Hasilnya? Lubang gigi. Jangan biarkan bayi mengulum mulut botol untuk waktu lama, terutama jika ibu mendapati dia sudah kenyang dan menggunakan botol hanya agar bayi nyaman.

4. Kembangkan kebiasaan minum air

Setiap kali selesai makan, atau minum susu, pastikan bayi minum air putih. Sebab air bisa mencuci sisa makanan atau susu yang tertinggal di sela gigi. Langkah ini sama pentingnya dengan menyikat gigi atau gusi.

5. Kunjungi dokter gigi

American Dental Association (ADA) menyarankan agar anak-anak melakukan pemeriksaan gigi rutin sejak umur 1 tahun. Namun, jika ibu cukup cermat melakukan beberapa tips di atas, maka kunjungan ini bisa ditunda hingga usia 3 tahun.

Cara Merawat Gigi Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5