Loading...

Cara Menyusui Dua Anak Sekaligus

Cara Menyusui Dua Anak SekaligusDengan cara menyusui dua anak secara langsung dalam dunia kebidanan dinyatakan sebagai tandem breastfeeding atau tandem nursing. Menyusui dengan dua anak ini tidak akan berbahaya dan tidak juga mengurangi dalam jatah untuk bayi yang lebih kecil atau sang adik.

Dengan catatan ibu menyusui harus selalu menjaga asupan nutrisi yang lengkap dan bisa diberikan berupa suplemen multivitamin, serta menjaga sistem kebugaran tubuh dari stressor dan rasa lelah yang berlebihan selama masa menyusui.

Sudah banyak orang yang telah berpikiran bahwa jika dengan menyusui dua bayi sekaligus bisa mengurangi jatah bayi yang lebih kecil (adiknya). Satu hal yang Anda harus ketahui, bahwa sesungguhnya produksi Asi pada ibu yang menyusui itu sesuai kebutuhan dan permintaan.

Loading...

Jika semakin meningkat permintaan dan semakin seringnya ibu menyusui, maka semakin banyak terjadinya pengeluaran hormon prolaktin, sehingga dapat memberikan produksi ASI yang lebih banyak. Dan sedotan mulut bayi ketika mereka menyusui bisa merangsang payudara Anda untuk terus-menerus dalam memproduksi ASI, sehingga jumlah ASI yang diproduksi bisa cukup untuk dua bayi bahkan lebih.

Keuntungan dalan Menyusui Dua Anak Sekaligus

Selain ASI diketahui bisa untuk dua anak sekaligus, tandem breastfeeding juga memiliki beberapa keuntungan yaitu:

1. Akan menjadikan kedekatan hubungan antara kakak-adik, sebab mereka sama-sama menyusui dan dekat dengan ibu mereka. Hal tersebut sangat berbeda jika salah satu diantara mereka lebih sering dekat dengan ibu, maka anak yang satunya bisa mengakibatkan rasa iri atau merasa dinomorduakan.
2. Dengan nutrisi lebih untuk kakak, sebab di awal setelah Anda melahirkan, colostrum dan zat penting lainnya banyak diproduksi dan anak yang lebih tua juga ikut memperoleh atau dengan kata lain sang kakak memperoleh colostrums dua kali ketika dia dilahirkan kemudian ketika adiknya dilahirkan.
3. Kurangnya problem mengenai bendungan payudara, sebab jumlah ASI yang berlimpah setelah persalinan. Maka dengan munculnya anak kedua maka masalah ini bisa teratasi.

Sedangkan kerugian yang didapatkan dalam menyusui dua anak yaitu akan menguras tenaga ibu dan memerlukan waktu yang berlebih dalam menyusui, oleh karena itu sebaiknya ibu harus pandai dalam membagi waktu untuk beristirahat dan mencukupkan gizi dengan makanan pelancar ASI ibu menyusui.

Cara Menyusui Dua Anak Sekaligus | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5