Cara Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Menggigit Jari

Cara Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Menggigit Jari

Cara Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Menggigit Jari

DOKTERANAK.NET – Menggigit kuku tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi orang dewasa juga. Namun, bagi si kecil tentu hal ini sangat tidak baik mengingat mereka masih sangat rentan terhadap segala hal. Berbagai cara telah kita lakukan agar si kecil tidak mengigit lagi jarinya.

Sebagian orang tua belum memahami betul kenapa si kecil suka menggigit jarinya. Hal ini dikarenakan emosional dan psikologis mereka, seperti saat marah, cemas dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengatasinya langsung saja Anda simak berikut ini;

– Jangan pernah langsung melarang si kecil melakukannya. Lebih baik berikan arahan dengan halus, misalnya nanti kukunya habis loh kalau suka gigi kuku. Cara ini bisa mengajarkan si kecil untuk tidak melakukan kebiasaannya itu.

– Mungkin Anda harus lebih bersabar karena kebiasaan ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Jadi tidak perlu khawatir akan hal ini.

– Ajarkan kepada si kecil untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Selain itu, berikan juga penjelasan bahwa memasukkan tangan ke mulut yang kotor akan membuatnya sakit. Gunakan bahasa yang tepat agar si kecil bisa memahaminya.

– Tidak sedikit si kecil yang suka menggigit temannya sendiri. Jika demikian, segera konsultasikan ke psikolog anak.

Itulah beberapa cara di ini dapat membantu Anda dalam mengatasi kebiasaan buruk si kecil.

Cara Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Menggigit Jari | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5