Cara Mengatasi Infeksi Telinga Anak

Infeksi telinga yang terjadi pada anak tidak bisa diremehkan, karena hal ini dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Penyakit ini disebabkan oleh radang tenggorokan yang tidak diobati dengan tuntas (misalnya karena adanya jenis bakterinya begitu kuat) atau bisa saja  tidak ada tindakan pengobatan sama sekali.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka infeksi telinga ini dapat menyebar ke telinga, yang bisa mengakibatkan adanya radang dan bengkak pada rongga telinga tengah.

Efek yang dapat ditimbulkan dari adanya infeksi telinga anak ini yaitu akan terasa nyeri yang menusuk, adanya tekanan kuat hingga gendang telinga dapat pecah. Setelah itu biasanya keluar cairan dari telinga. Intensitas penyakit ini akan semakin terasa menyerang pada waktu malam hari.

Antisipasi.

  • Menjelang malam, beri anak obat parasetamol yang berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus menurunkan panas demam pada anak.
  • Gunakan kompres di pipi dekat telinga pada anak, hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya rasa nyeri
  • ¬†Jika anak semakin merasakan nyeri, maka konsultasi ke dokter ahli THT (telinga, hidung, tenggorokan) untuk memperoleh obat tetes telinga. Fungsi obat ini yaitu membersihkan telinga sehingga mengurangi adanya rasa sakit.

Cara Mengatasi Infeksi Telinga Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5