Loading...

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

DOKTERANAK.NET – ┬áDiare adalah salah satu penyakit yang membuat kita sering buang air besar dan feses yang keluar dalam bentuk cair. Ada juga yang mengatakan bahwa diare merupakan cara tubuh mengeluarkan virus pada tubuh.

Namun saat anak mengalami diare, maka Anda harus waspadai. Hal ini dikarenakan diare bisa berlangsung lama, apalagi di usia mereka lebih cenderung sulit mengkonsumsi cairan.

Loading...

Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara mengatasi diare pada anak;

Mencegah dehidrasi

Pastikan anak Anda banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Anda harus memberikan air putih dengan campuran oralit. Namun jika anak masih menyusui, cukup berikan ASI lebih sering.

Diet BRAT

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa diet BRAT (banana, rice, applesause, and toast) sangat ampuh dalam mengatasi diare pada anak. Karena makanan ini tidak akan mengganggu perut anak meskipun saat diare. Selain itu, kandungan potasium pada pisang bisa menjadi pengganti elektrolit.

Hindari jus buah

Biasanya penyebab diare pada anak adalah banyak mengkonsumsi jus buah dan makanan manis. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak memberikan makanan atau minuman manis pada anak.

Cara Mengatasi Diare Pada Anak | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5