Cara Mengajarkan Si Kecil Kedisiplinan

Cara Mengajarkan Si Kecil Kedisiplinan

Cara Mengajarkan Si Kecil Kedisiplinan

DOKTERANAK.NET – Sebelum si kecil beranjak dewasa, Anda harus mengajarkannya kedisiplinan sejak dini. Sebagai orang tua Anda harus membangun fondasi yang baik untuk mereka. Lalu, bagaimana cara mengajarkan kedisiplinan pada si kecil?

Berikut ini cara mengajarkan si kecil kedisiplinan;

Berikan Hadiah

Agar si kecil mau cepat tidur, cobalah berikan hadiah. Caranya ketika si kecil sudah tertidur lelap, barulah Anda letakkan hadiah disampinnya. Saat terbangun dan melihat ada hadiah, maka dia akan belajar bahwa akan ada hal baik jika disiplin tidur.

Pasang Foto

Pasanglah beberapa foto di dalam kamarnya seperti kegiatan merapikan tempat tidur, mandi, dan sarapan. Cara ini dapat membantu Anda dalam melatih si kecil untuk disiplin.

Rubah “Tidak” Jadi “Iya”

Ketika si kecil ingin makan permen, maka jawablah, iya, boleh, tapi setelah kamu selesai makan. Tetapi, jika dia sampai menangis karena keinginannya itu, katakan kamu tidak akan memberikannya. Cara ini dapat melati untuk mengenali emosi dan perasaan mereka.

Berikan Hukuman

Jika si kecil suka melawan dan susah dinasehati, jangan memarahinya. Lebih baik suruh dia untuk berdiam diri beberapa saat, seperti menyuruhnya duduk di kursi sendiri. Dengan begitu, si kecil akan belajar bahwa tidak semua keinginannya harus dipenuhi.

Cara Mengajarkan Si Kecil Kedisiplinan | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5