Cara Mencegah Anak Sering Ngompol

Cara Mencegah Anak Sering NgompolApakah anak Anda sering ngompol saat tidur? Dengan sering ngompol selalunya menjadi salah satu yang sering dikeluhkan bagi para ibu yang mempunyai bayi dan anak usia batita (bawah 3 tahun). Sebab bayi dan anak yang masih kecil memang sangat susah untuk dilepaskan dari masalah ngompol.

Masalah ngompol pada anak sendiri bisa diakibatkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi minuman secara berlebihan di malam hari. Selain itu kapasitas kantung kemih yang sangat masih relative kecil mengakibatkan anak lebih sangat mudah buang air kecil, sedangkan kepekaannya untuk menanggapi hal ini saat tidur sangat rendah. Hal itulah yang mengakibatkan anak sangat mudah ngompol.

Tapi sebagai orang tua, sebenarnya ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan dalam mencegah kebiasaan mengompol anak tersebut. Pada sebagian orang mungkin memilih untuk menggunakan popok yang bisa menyerap air sehingga saat anak ngompol tidak akan kemana-mana. Tapi sayangnya hal seperti ini sebenarnya sangat tidak disarankan. Sebab air yang tertampung dalam popok seorang anak tersebut akan membuat lembab sehingga bisa memicu terjadinya iritasi akibat kuman. Oleh karena itu tentu akan lebih baik jika Anda memilih dalam mengatasi masalah ini dengan memakai cara alami yang lebih aman.

Cara Mencegah Anak Sering Ngompol

1. Dengan membatasi pemberian minum kepada anak di malam hari.
2. Sebaiknya dengan mengurangi dalam pengkonsumsian minuman cola, cocoa, teh, kopi dan coklat. Hal ini disebabkan pada minuman tersebut terkandung kafeein yang bersifat diuretic.
3. Biasakan kepada anak untuk buang air besar sebelum tidur.

Cara Mencegah Anak Sering Ngompol | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5