Loading...

Cara Cegah Bayi dari Alergi Makanan

Alergi  adalah  suatu reaksi berlebihan terhadap bahan dari luar yang didasari reaksi imunologis terhadap tubuh.

Reaksi ini  biasanya hanya terjadi pada orang-orang tertentu yang mempunyai kecenderungan untuk itu atau memiliki alergi faktor genetik keturunan.

Penelitian di Jepang dan Singapura menemukan tentang makanan yang paling sering menyebabkan adanya keluhan alergi yaitu seafood, susu sapi, kacang tanah dan telur.

Loading...

Akan Tetapi di luar dari daftar makanan ini maka tetap adanya kemungkinan dari bahan makanan lain yang bisa menjadi penyebab alergi.  

Untuk memperkecil adanya risiko bayi mengalami alergi makanan, maka Anda seharusnya:

1. Bayi yang masi berumur 1 sampai 6 bulan, cukup diberikan asupan ASI eksklusif. Tindakan ini bermanfaat untuk menghindari adanya penggunaan protein yang asing bagi tubuh bayi anda, seperti adanya pemberian susu binatang pada bayi sehingga hal ini bisa menyebabkan risiko timbulnya reaksi alergi pada umur dini.

2. Harus pintar dan cermat dalam memilih susu formula untuk bayi anda. Beri mereka dengan susu formula yang diperkaya akan zat besi samapai mereka berumur 1 tahun. Kandungan  Zat besi ini bisa membantu untuk memperkuat sistem kekebalan di dalam sel darahnya.

3.Hindari makanan pencetus alergi.
Hati-hati saat anda memperkenalkan  makanan baru pada mereka. Jika anak menderita alergi, maka tundalah pemberian makanan tersebut

Cara Cegah Bayi dari Alergi Makanan | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5