Cara Bayi Menyusui dengan Benar

Cara Bayi Menyusui dengan BenarJika saja bayi telah menyusui dengan benar, baik itu ibu maupun si kecil pasti sangat menikmati masa-masa dalam menyusui ini. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu seorang ibu ketahui, mengenai tentang seberapa sering seharusnya Anda memberikan ASI pada bayi.

Selama dua sampai tiga hari pasca melahirkan, dengan teknik memberikan air susu yang benar adalah sesering mungkin, namun tidak semestinya memaksakan si kecil untuk minum air susu sampai kenyang. Optimalnya adalah sekitar 12 kali dalam sehari, dan setiap kali Anda memberi air susu, durasinya sekitar 30 menit.

Bayi yang baru lahir sering kali belum mempunyai nafsu makan yang terlalu tinggi, dan biasanya pada pertama masa kelahiran, seorang ibu belum memproduksi ASI, namun ia baru menghasilkan kolostrum. Anda akan menghasilkan sedikit sekali kolostrum, namun hal itu sesuai dengan kebutuhan bayi sebab bayi hanya untuk memerlukan sedikit asupan kolostrum.

Saat bayi sudah berkembang besar, cara untuk mengetahui frekuensi yang benar dalam memberinya ASI adalah dengan cara memberikannya ASI setiap kali dia mengalami lapar. Dia akan memperlihatkan rasa lapar dengan salah satu caranya yaitu menarik payudara, tangan, atau baju seorang ibu.

Selain itu, dia juga akan memperlihatkan rasa lapar dengan membuka mulutnya saat berada di dekat ibu. Sebaiknya jangan tunggu sampai dia menangis dulu baru Anda memberinya ASI.

Setiap kali Anda memberi ASI, durasinya sangat berbeda-beda, dilihat dari seberapa lapar buah hati Anda. Yang pastinya, berhentilah memberinya ASI jika dia memperlihatkan tanda-tanda sudah kenyang, seperti berhenti mengisap payudara Anda.

Semoga bermanfaat ya.

Cara Bayi Menyusui dengan Benar | dr. Dyah Mahesanty Indrawati | 4.5